Selasa 20 Feb 2024 02:27 WIB

Nagita Ungkap Tantangan Jadi Ibu dari Anak Generasi Alpha

Menurut Gigi penting bagi seorang ibu untuk terus belajar dan beradaptasi.

Menurut Gigi penting bagi seorang ibu untuk terus belajar dan beradaptasi. (ilustrasi)
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Menurut Gigi penting bagi seorang ibu untuk terus belajar dan beradaptasi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi ibu dari anak generasi Alpha tidaklah semudah yang dibayangkan dengan kecepatan perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang begitu cepat, tugas menjadi ibu semakin kompleks dan menantang.

Aktris sekaligus seorang ibu Nagita Slavina yang memiliki dua anak dengan selisih usia yang cukup jauh enam tahun merasakan perbedaan yang signifikan dalam pola asuh dan pendekatan terhadap kedua anaknya.

Baca Juga

“Kalo dulu tuh mungkin karena anak pertama jadi lebih ‘strict’, lebih kaya apa ya ini masih coba-coba. Saat anak kedua memang tantangannya, kita kan sebagai ibu belajar terus ya yang anak pertama itu jangan sampai kejadian di anak kedua kalo bisa,” kata Nagita yang akrab disapa Gigi saat peluncuran HealthyWay Kids di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Dalam menghadapi tantangan menjadi ibu anak generasi Alpha, menurut Gigi penting bagi seorang ibu untuk terus belajar dan beradaptasi. Pengalaman dengan anak pertama menjadi landasan untuk memperbaiki diri dan menghindari kesalahan yang sama dengan anak kedua.

Namun, di sisi lain, perkembangan teknologi dan pengetahuan baru mengharuskan ibu untuk terus memperbarui pengetahuannya, terutama dalam hal kesehatan dan perkembangan anak.

Sebagai ibu, memahami pentingnya mempersiapkan masa depan anak sejak dini menjadi fokus utama. Dari masa kehamilan hingga seribu hari pertama kehidupan anak, penting untuk memberikan perhatian khusus terhadap asupan nutrisi dan stimulasi yang diterima anak. Memahami cara meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka menjadi prioritas yang tidak bisa diabaikan.

“Pakai sosmed itu jangan hanya lihat gosip, tapi cari tau juga karena sekarang informasi ada di daring, seperti apa ya yang bisa meningkatkan imun anak supaya lebih kebal terhadap penyakit, apa yang bisa membuat pencernaan lebih bagus, cari terus apa yang terbaik buat anak itu penting,” ungkapnya.

Selain itu, Gigi menjelaskan situasi pandemi kala itu telah menambah kompleksitas dalam peran sebagai ibu. Kehati-hatian dalam menjaga kesehatan anak dan mempersiapkannya menghadapi ancaman penyakit menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Menjaga keseimbangan antara kebutuhan gizi anak dan kesiapan mereka menghadapi tantangan lingkungan menjadi bagian penting dari peran seorang ibu. Dengan tantangan yang semakin beragam dan kompleks, menjadi ibu anak generasi Alpha mengharuskan kesadaran dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang.

Pengetahuan yang diperoleh dari sumber-sumber terpercaya, baik melalui media sosial maupun internet menjadi kunci untuk memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement