Selasa 13 Feb 2024 00:03 WIB

Punggung Nyeri Beragam Penyebabnya, Bagaimana Kalau Sakit Bagian Samping atau Bawah?

Nyeri punggung atas dan bawah memerlukan penanganan yang berbeda.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri punggung bawah (ilustrasi).  Ada cara khusus untuk mengobati setiap jenis nyeri punggung.
Foto:

Punggung bawah

Punggung bagian bawah adalah salah satu area yang paling umum terasa nyeri seiring bertambahnya usia. Keluhan ini bisa menjadi tanda otot tertarik atau cakram tergelincir. Alibhai mengatakan, nyeri pada punggung bagian bawah juga bisa dipicu oleh herniasi diskus dan cedera otot.

Selain itu, penyebab lainnya mungkin adalah postur tubuh yang buruk. Dalam kasus yang jarang terjadi, nyeri punggung bawah bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker, termasuk tumor tulang belakang, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker saluran cerna, dan kanker darah.

Punggung atas

Alibhai menyampaikan, nyeri di bagian punggung atas bisa disebabkan oleh saraf terjepit. Itu karena ada terlalu banyak tekanan yang diberikan pada saraf oleh jaringan di sekitarnya, seperti tulang, tulang rawan, otot, atau tendon.

Jika seseorang merasakan sakit di leher atau jika mereka mengalami herniasi diskus di leher, sarafnya akan terjepit dan memicu rasa sakit. Hal ini kemudian dapat memberi tekanan pada akar saraf, yang kemudian dapat menyebabkan nyeri pada lengan, hingga ujung jari.

"Penderitanya kemudian akan merasakan kesemutan dan mati rasa," ujar Alibhai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement