Sabtu 07 Oct 2023 23:42 WIB

Sering Nyeri Punggung? Makanan Ini Mungkin Bisa Meredakannya

Mengonsumsi bluberi setiap hari bisa bantu meringankan keluhan nyeri di punggung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Bluberi (ilustrasi). Mengonsumsi buah bluberi setiap hari bisa membantu meringankan keluhan nyeri di punggung.
Foto: www.freepik.com
Bluberi (ilustrasi). Mengonsumsi buah bluberi setiap hari bisa membantu meringankan keluhan nyeri di punggung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang cukup umum dirasakan oleh orang dewasa. Kabar baiknya, mengonsumsi buah bluberi setiap hari bisa membantu meringankan keluhan nyeri di punggung.

Buah yang memiliki rasa asam sekaligus manis ini dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Selain itu, bluberi juga memiliki banyak kandungan serat dan vitamin.

Baca Juga

Chiropractor, dr Jeff Winternheimer, merekomendasikan konsumsi blueberry setiap hari untuk orang-orang yang kerap mengalami nyeri punggung. Menurut Dr Winternheimer, nutrien di dalam blueberry bisa membantu meringankan nyeri kronis, seperti nyeri di punggung, dengan cara meredakan peradangan. Seperti diketahui, peradangan merupakan salah satu pemicu terjadinya nyeri kronis.

"Makanan nomor satu yang penting Anda konsumsi setiap hari bila Anda menderita nyeri punggung adalah blueberry," ujar dr Winternheimer, seperti dilansir Express pada Sabtu (7/10/23).

 

Tips kesehatan dari dr Winternheimer ini juga didukung oleh sebuah studi pada jurnal Nutrients. Studi ini menemukan bahwa konsumsi bluberi setiap hari bisa mengurangi nyeri, kekakuan, hingga kesulitan untuk beraktivitas pada penderita oateoarthritis.

Studi berskala kecil lain juga menemukan bahwa konsumsi bluberi dapat mempercepat proses pemulihab otot setelah melakukan latihan kaki intens. Dengan begitu, rada nyeri yang muncul setelah latihan juga ikut berkurang.

Tak hanya itu, bluberi pun bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh denfan cara menetralisir radikal bebas. Radikal bebas dikenal juga sebagai molekul-molekul tak stabil yang dapat merusak sel-sel serta meningkatkan risiko penyakit kronis.

Bluberi juga dikenal sebagai buah yang rendah kalori. Satu cangkir penuh bluberi hanya mengandung sekitat 84 kalori saja.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement