Ahad 22 Sep 2024 15:49 WIB

Penyebab Sakit Punggung yang Jarang Disadari, Termasuk Merokok

Segera konsultasi dengan dokter jika sakit punggung menganggu aktivitas dan tidur.

Wanita mengalami nyeri punggung (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Wanita mengalami nyeri punggung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika Anda mengalami sakit punggung secara teratur, mungkin ada sesuatu yang lebih serius yang terjadi. Rasa tidak nyaman ini sebaiknya jangan diabaikan. Kira-kira apa penyebabnya?

"Tergantung pada apa yang terluka, Anda dapat mengalami nyeri otot, nyeri tulang, dan/atau nyeri saraf," kata dr staf dokter di Pusat Kesehatan Tulang Belakang Cleveland Clinic di Richard E Pusat Kesehatan Jacobs, Santhosh A Thomas dilansir laman Huffington Post pada Ahad (22/9/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan sakit punggung dapat meluas ke kaki atau bokong, meningkat dengan tekanan, bahkan terasa lebih buruk ketika Anda batuk atau bersin. Sekitar 65 juta orang di Amerika Serikat melaporkan mengalami episode nyeri punggung bawah baru-baru ini, sementara 16 juta orang mengatakan mereka mengalami nyeri punggung kronis. Cakram hernia, trauma tulang belakang, dan otot yang ketarik adalah penyebab cedera punggung yang terkenal, mungkin tidak selalu ada pemicu yang jelas untuk ketidaknyamanan yang sedang berlangsung.

Berikut ini adalah penyebab sakit punggung yang menurut para ahli jarang disadari masyarakat:

1. Kebiasaan sehari-hari yang sederhana dan berulang dilakukan dengan postur tubuh salah

Sederhananya, mekanika tubuh menggambarkan bagaimana Anda memutar, mengangkat, mempertahankan postur tubuh, dan bergerak selama kehidupan sehari-hari. “Hal-hal yang telah kita lakukan ribuan kali dapat tiba-tiba menjadi menyakitkan atau dapat memulai prosesnya. Bahkan hal-hal sederhana seperti membungkuk untuk mengikat sepatu Anda atau mengambil sesuatu yang kecil dari tanah,” kata Thomas. Untungnya, para ahli setuju bahwa rasa sakit dari aktivitas seperti ini cenderung cepat berlalu dan menjadi kurang menjadi pemicu dengan peningkatan postur tubuh yang buruk dan kebiasaan mengangkat yang lebih baik.

2. Kondisi kesehatan fisik yang mendasari

Gangguan kesehatan yang mendasari dapat muncul dengan nyeri punggung sebagai gejala. “Banyak organ internal kita telah berbagi jalur saraf yang juga memasok kulit, jaringan lunak, dan otot-otot punggung. Oleh karena itu, kondisi yang memengaruhi organ internal ini dapat menyebabkan nyeri punggung,” kata ahli fisiat dan spesialis nyeri intervensi di Sistem Medis Universitas Maryland dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, dr Jay Karri.

Menurut Thomas, masalah pencernaan, batu ginjal, infeksi, pankreatitis, dan ankylosing spondylitis (AS) adalah gangguan kesehatan fisik yang biasanya muncul dengan nyeri punggung sebagai gejala. Yang lainnya adalah endometriosis, kondisi serius yang memengaruhi sekitar 6,5 juta orang di Amerika Serikat saja, namun tetap kurang terdiagnosis secara dramatis.

3. Kecemasan, stres kronis, dan kondisi kesehatan mental lainnya

Sama seperti gangguan kesehatan fisik yang mendasari, kondisi kesehatan mental juga dapat menjadi akar penyebab ketidaknyamanan. "Penelitian terbaru menunjukkan kondisi psikologis mulai dari kecemasan hingga depresi hingga stres kronis dapat menyebabkan nyeri punggung," kata Karri. Dia menyebut dalam beberapa tahun terakhir peneliti menemukan bahwa jalur saraf yang sama yang bertanggung jawab atas ketidakseimbangan biokimia juga menyebarkan kondisi nyeri kronis.

4. Kurang bergerak, olahraga, atau peregangan

Meskipun istirahat adalah aspek penting dari penyembuhan, sakit punggung dapat mengindikasikan kebutuhan untuk memasukkan aktivitas fisik tambahan ke dalam pekan Anda. "Untuk atlet, program latihan yang berfokus pada olahraga dan lebih ketat dapat terbukti lebih efektif," kata dia.

"Untuk orang tua atau mereka yang memiliki lebih banyak keterbatasan, tai chi atau chair yoga, yang merupakan program yang lebih lembut, bisa sama efektifnya,” ujarnya lagi.

5. Rutinitas olahraga yang terlalu intens

Menggabungkan gerakan sangat penting untuk menjaga punggung tetap sehat, tetapi memulai rutinitas olahraga baru dengan intensitas yang terlalu tinggi dapat memiliki efek buruk. Rasa sakit atau cedera akibat olahraga sering kali berasal dari melakukan terlalu banyak terlalu cepat.

Beberapa peningkatan gejala mungkin normal ketika memulai program olahraga baru. Instruksi yang tepat tentang jenis dan perkembangan olahraga penting untuk mengurangi risiko cedera.

6. Posisi tidur

Jika menyadari bahwa Anda bangun setelah istirahat semalaman dengan punggung yang sakit, cara Anda meringkuk di tempat tidur mungkin yang harus “disalahkan”. Terlepas dari kesalahpahaman umum, tidak ada posisi tidur terbaik. Anatomi dasar dan kondisi kesehatan dapat memengaruhi apa yang terasa paling nyaman bagi Anda.

Misalnya, menurut Karri, jika Anda mulai mengalami nyeri punggung bawah, seorang dokter mungkin merekomendasikan "mencoba posisi tidur baru, termasuk mengubah posisi tidur Anda, menggeser penempatan bantal, atau bahkan melakukan rutinitas peregangan malam hari.

7. Merokok

Ternyata, merokok dinilai sebagai salah satu penyebab sakit punggung. Faktanya, penelitian menemukan bahwa merokok tidak hanya meningkatkan risiko terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia, tetapi juga merusak arteri di otot dan persendian punggung Anda. Nikotin juga merupakan vasokonstriktor, yang berarti menyebabkan pembuluh darah menyempit ― pada gilirannya mengurangi jumlah nutrisi dan oksigen yang diterima tulang belakang. Jika Anda tidak siap untuk berhenti merokok, cobalah mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi.

Cara mengobati rasa sakit punggung

Ketika mulai merasakan nyeri punggung, segera telisik apa pemicunya dan mengatasi rasa sakit adalah kuncinya. "Apakah itu mandi, bantal pemanas, atau kompres es, panas atau dingin yang dangkal dapat terbukti sangat membantu dalam mengobati penyebab nyeri punggung yang lebih dangkal, termasuk nyeri otot dan jaringan lunak," kata Karri.

Namun, para ahli setuju bahwa mungkin sudah waktunya berbicara dengan dokter jika sakit punggung mulai mengganggu aktivitas harian dan tidur. Jika Anda mengalami gejala serius seperti masalah kandung kemih, demam, dan kelemahan yang menyertainya, terapi fisik, obat-obatan, suntikan kortison, operasi, atau intervensi medis lainnya dapat dipertimbangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement