Selasa 13 Feb 2024 00:03 WIB

Punggung Nyeri Beragam Penyebabnya, Bagaimana Kalau Sakit Bagian Samping atau Bawah?

Nyeri punggung atas dan bawah memerlukan penanganan yang berbeda.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri punggung bawah (ilustrasi).  Ada cara khusus untuk mengobati setiap jenis nyeri punggung.
Foto: Dok. Freepik
Nyeri punggung bawah (ilustrasi). Ada cara khusus untuk mengobati setiap jenis nyeri punggung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakit punggung kerap sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terkadang, nyeri hanya terasa di area tertentu. Mencermati lokasi tempat nyeri menyerang bisa menunjukkan masalah berbeda yang juga memerlukan penanganan khusus.

Apoteker di Online Pharmacy Chemist Click, Abbas Kanani, mengatakan ada cara khusus untuk mengobati setiap jenis nyeri punggung. Beberapa di antaranya tidak boleh disepelekan dan pengidapnya harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga

Hal itu juga berlaku apabila sakit punggung disertai dengan suhu tubuh tinggi atau disertai penurunan berat badan tanpa diketahui penyebabnya. Tanyakan juga pada profesional medis jika ada benjolan dan bengkak di punggung, atau punggung berubah bentuk.

"Jika nyeri tidak kunjung membaik setelah istirahat atau semakin parah pada malam hari, nyeri semakin parah saat bersin, batuk, atau buang air besar, sebaiknya segera hubungi dokter," kata Kanani.

 

Berikut arti dari tiap lokasi nyeri punggung, dikutip dari laman The Sun, Senin (12/1/2024).

Tulang belakang

Apabila bagian yang terasa nyeri adalah area tulang belakang, ini dapat mengindikasikan stenosis tulang belakang. Kanani menjelaskan, kondisi itu terjadi ketika saluran tulang belakang di bagian bawah punggung menyempit.

Akibatnya, ada tekanan pada sumsum tulang belakang atau saraf yang mengarah dari sumsum tulang belakang ke otot. Selain itu, ada kemungkinan lain juga.

"Radang sendi juga bisa menyebabkan nyeri dan kaku pada area tulang belakang. Ini lebih sering terjadi pada punggung bagian bawah dan leher, tetapi kekakuan atau nyeri tekan dapat dirasakan di punggung jika Anda menderita radang sendi tulang belakang," ungkap Kanani.

Punggung belakang dan leher

Sakit punggung di bagian belakang dan leher bisa disebabkan oleh ketidakselarasan tubuh dan kurangnya fleksibilitas dan gerakan di area lain tubuh. Kanani mengatakan, ini juga dapat memengaruhi cara berjalan. Tekanan dan ketegangan pun bisa menjalar ke seluruh bagian punggung dan leher.

"Anda mungkin merasakan nyeri tumpul atau sensasi menusuk yang tajam. Hal ini sering kali disebabkan oleh postur tubuh yang buruk dan duduk atau berdiri dalam waktu lama," tutur Kanani.

Punggung bagian samping

Nyeri di bagian samping punggung bisa menandakan ada masalah pada organ tubuh, termasuk kemungkinan gangguan di ginjal, pankreas, usus, atau rahim. Ahli osteopati Nadia Alibhai menjelaskan, apabila orang tersebut memang mengalami masalah ginjal, rasa sakit biasanya menjalar dari area ginjal.

Peradangan usus besar juga dapat menyebabkan nyeri pinggang bagian samping. Tekanan pada rektum atau usus besar akibat adanya penyumbatan seperti tinja yang kering, dapat menyebabkan nyeri yang menjalar ke punggung atau perut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement