Sabtu 10 Feb 2024 10:50 WIB

Pengamat: Potensi Penonton Bioskop Indonesia Bisa Tembus 80 Juta Orang

Industri perfilman Indonesia sudah berangsur-angsur pulih setelah dilanda pandemi.

Ilustrasi bioskop. Pengamat mengatakan potensi penonton film di bioskop Indonesia bisa menembus 80 juta orang
Foto:

Ia mencontohkan KKN di Desa Penari yang kini menjadi film terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton mencapai 10 juta penonton masih kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta orang.

Menurut Hikmat, berinvestasi, merawat, dan berpihak pada film lokal, termasuk membuka bioskop di berbagai kota, adalah langkah logis untuk memperluas pasar film Indonesia.

Dia juga menekankan pentingnya membangun pasar film yang beragam. Pasar ini tidak hanya menayangkan film-film populer atau film yang sukses secara komersial (blockbuster), tetapi juga memberikan kesempatan dan jatah tayang yang lebih banyak kepada film-film lokal untuk ditayangkan di bioskop.

Ia menambahkan, bioskop juga harus dibangun di daerah-daerah karena bioskop kelas menengah ke bawah yang murah justru memiliki potensi besar untuk mendorong kemajuan industri film tanah air.

“Menurut saya, di kota-kota kecil, bioskop yang murah adalah masa depan industri kita,” ujarnya.

 

"Pemerintah, pengusaha, penonton, dan PH (rumah produksi) harus berbagi tugas untuk mencapai target (80 juta penonton) ini," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement