Kamis 01 Feb 2024 00:08 WIB

Mulut, Vagina, atau Urine Berbau tak Sedap, Apa Penyebabnya Kalau Bukan karena Jorok?

Kemunculan aroma tak sedap itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menutup mulut dan hidungnya (Ilustrasi). Bau mulut yang tak hilang dengan menggosok gigi biasanya disebabkan oleh masalah lain.
Foto: Freepik
Perempuan menutup mulut dan hidungnya (Ilustrasi). Bau mulut yang tak hilang dengan menggosok gigi biasanya disebabkan oleh masalah lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa area di tubuh bisa memunculkan aroma yang tidak sedap. Kemunculan aroma-aroma tak sedap ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari masalah kebersihan hingga penyakit.

Sebagian masalah aroma tak sedap pada tubuh bisa diatasi dengan mudah di rumah. Sebagai contoh, bau badan akibat keringat berlebih bisa diatasi dengan mandi.

Baca Juga

Namun, terkadang, kemunculan bau tak sedap dari tubuh bisa menetap. Dalam beberapa kasus, aroma yang muncul pun terasa tidak biasa.

Kemunculan aroma seperti ini dari tubuh bisa jadi mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Berikut ini adalah empat macam aroma tak sedap dari tubuh yang mungkin mengindikasikan adanya masalah kesehatan dan tak boleh diabaikan, seperti dikutip dari laman Express pada Rabu (31/1/2024).

 

Bau Mulut

Bau mulut yang patut diwaspadai adalah aroma tak sedap yang tak kunjung hilang meski sudah rajin menyikat gigi. Bau mulut seperti ini biasanya bukan disebabkan oleh masalah kebersihan gigi dan mulut, tetapi oleh masalah lain. Beberapa contohnya adalah masalah refluks asam, infeksi sinus kronis, serta mulut kering.

"Periksakan ke dokter bila Anda memiliki bau mulut yang tak kunjung hilang," jelas dokter keluarga, Jen Caudle, melalui akun TikTok pribadinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement