Selasa 19 Mar 2024 14:20 WIB

Keseringan Kumur Pakai Obat Antiseptik Bisa Bikin Mulut Kering, Apalagi Saat Puasa

Penggunaan obat kumur antiseptik cukup tiga kali sepekan saat malam selama puasa.

Obat kumur (ilustrasi). Kebiasaan terlalu sering berkumur dengan obat antiseptik dinilai dapat menyebabkan mulut menjadi lebih cepat kering.
Foto: Flickr
Obat kumur (ilustrasi). Kebiasaan terlalu sering berkumur dengan obat antiseptik dinilai dapat menyebabkan mulut menjadi lebih cepat kering.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan terlalu sering berkumur dengan obat antiseptik dinilai dapat menyebabkan mulut menjadi lebih cepat kering. Dokter spesialis konservasi gigi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) drg Indira Larasputri mengatakan, terlebih lagi jika itu dilakukan saat sedang berpuasa.

"Saat berpuasa sebenarnya tidak perlu sesering itu untuk berkumur dengan antiseptik," kata dia dalam diskusi mengenai kesehatan rongga mulut saat berpuasa yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Indira menganjurkan penggunaan obat antiseptik cukup tiga kali sepekan saat malam hari selama menjalankan ibadah puasa. Terlebih jika tidak memiliki masalah tertentu dengan rongga mulut.

Ia menjelaskan penggunaan obat kumur yang terlalu sering selama berpuasa dapat menyebabkan mulut menjadi semakin kering. "Nah kalau misalnya mulut kita kering, justru malah akan memunculkan masalah baru, seperti sariawan," ujarnya.

Apakah Anda menggunakan obat kumur untuk membasmi kuman yang ada pada mulut untuk menghindari bau mulut pada saat berpuasa? Menurut Indira, hal tersebut tidak berdampak secara efektif.

Menurutnya, akan selalu terdapat kuman yang di dalam rongga mulut sehingga masyarakat lebih perlu memperhatikan keseimbangan dari kuman yang ada pada rongga mulut, yang dapat diatur dengan melakukan pembersihan gigi secara benar dan teratur. Ia menyebut terdapat tiga cara untuk membersihkan gigi dengan benar saat menjalankan ibadah puasa, antara lain dengan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

"Kemudian yang ketiga adalah penggunaan obat kumur sesuai dengan indikasi dari dokter gigi," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement