Selasa 30 Jan 2024 16:58 WIB

Alami Dua dari Tiga Tanda Ini? Bisa Jadi Anda Kena Kusta

Kenali gejala kusta agar dapat diobati sejak dini.

Penderita kusta di India kehilangan jemarinya akibat infeksi bakteri Mycobacterium leprae. Indonesia masih memiliki enam provinsi yang belum mencapai target eliminasi kusta.
Foto:

Meski demikian, Willa menyebutkan penyakit kusta dapat disembuhkan. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat bila mendapatkan sejumlah gejala dan ciri-ciri kusta.

Willa pun menyerukan untuk mengenali gejala kusta sedari dini. Dengan begitu, penderita kusta dapat terobati dengan cepat dan tepat.

"Lalu, hentikan stigma negatif pada kusta, karena memang penyakit ini terlihat dari luar jelas bentuknya memang kadang agak menakutkan. Kalau kita nggak sama-sama untuk memusnahkan kusta, ini kusta akan tetap terus ada," tuturnya.

Hari Kusta Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Januari. Pada tahun ini, Hari Kusta Sedunia bertemakan "Kalahkan Kusta". Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2021 mencatat Indonesia berada di urutan ketiga sebagai negara yang memiliki pengidap kusta terbanyak di dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement