Jumat 10 May 2024 07:38 WIB

Lima Film Terbaik Bruce Lee Berdasarkan Peringkatnya

Bruce Lee meninggal secara tragis dalam usia muda saat berusia 32 tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Bruce Lee dan jumper kuningnya. Berikut lima film terbaik Bruce Lee.
Foto: Glofocus
Bruce Lee dan jumper kuningnya. Berikut lima film terbaik Bruce Lee.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bruce Lee mungkin adalah contoh bintang film seni bela diri dengan ulasan yang bagus. Dia karismatik dan menyenangkan untuk ditonton sepanjang rangkaian aksinya, berkat bentuk seni bela diri uniknya yang dikenal sebagai Jeet Kune Do. 

Tentu saja, keterampilannya sebagai seorang seniman bela diri membuatnya sangat cocok untuk genre film seni bela diri atau kung fu. Dan dalam film-film itulah ia berhasil menjadi terkenal, menjadi ikon budaya pop yang dominan pada 1970-an setelah sebelumnya juga menjadi aktor cilik dalam karirnya.

Baca Juga

Lee meninggal secara tragis dalam usia muda saat berusia 32 tahun, pada 1973. Dari film-film seni bela diri klasiknya, tiga film dirilis ketika ia masih hidup, satu film selesai dan dirilis secara anumerta, dan satu lagi tidak lengkap tetapi disusun semaksimal mungkin, dan dirilis beberapa tahun setelah kematian Bruce Lee.

Kelima film itu merupakan filmografi resmi yang dibintangi Lee sebagai aktor seni bela diri, dan cenderung menjadi film yang paling dikenang. Dilansir Collider, Jumat (10/5/2024), berikut ini film-film terbaik Lee berdasarkan peringkat paling terhebat sepanjang masa hingga terbawah.

1. Enter the Dragon (1973)

Dalam jajaran film aksi hebat, Enter the Dragon selalu menjadi salah satu yang terbaik, serta merupakan film paling ikonik dan terkenal yang pernah dibintangi Bruce Lee. Enter the Dragon selesai sebelum Lee meninggal, tetapi dirilis secara anumerta.

Enter the Dragon dimulai sebagai film olahraga, berputar di sekitar turnamen seni bela diri aneh yang dijalankan oleh sosok bayangan, yang tampaknya merencanakan sesuatu yang lain. Perkelahian pada akhirnya bukan lagi untuk olahraga, dan dilakukan sampai mati, yang meningkatkan ketegangan dengan indah dan membuat setiap rangkaian aksi terasa lebih intens. 

Ini adalah film yang berani, penuh warna, mengasyikkan, terkadang berlebihan, dan selalu menghibur. Sehingga tidak berlebihan jika menyebut Enter the Dragon sebagai salah satu film seni bela diri terbaik yang pernah dibuat, dan film terhebat yang pernah dibintangi Bruce Lee.

2. The Way of the Dragon (1972)

The Way of the Dragon menonjol karena beberapa alasan, dan sebagai hasilnya, ini adalah ciri khas Bruce Lee. Lee sudah tidak asing lagi bekerja di belakang dan di depan kamera, menjadi sutradara aksi untuk semua film besarnya, dan menjadi sutradara asli dari Game of Death yang belum selesai.

The Way of the Dragon berdiri sebagai satu-satunya film Lee yang telah selesai dan dialah satu-satunya sutradaranya, dan dia juga menulis film tersebut. Itu juga merupakan film terakhir yang dirilis sebelum kematiannya, jauh lebih komedi daripada kebanyakan karya Lee lainnya, dan patut dicatat karena menampilkan Chuck Norris dalam peran jahat.

Sungguh, itulah bagian paling ikonik dari film ini, Bruce Lee dan Chuck Norris bertarung menjelang akhir film dan juga di Colosseum. Sisa filmnya menampilkan karakter Lee yang berusaha membantu bisnis keluarga di Roma, dan melawan berbagai penjahat yang menghalangi bisnis tersebut berkembang.

The big....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement