Senin 29 Jan 2024 23:16 WIB

Langsung Cek Ponsel Begitu Bangun Tidur, Apa Dampak Buruknya?

Sebagian orang sering mengecek ponsel sesaat setelah terjaga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur dengan ponsel di kasur. Langsung mengecek ponsel begitu membuka mata juga dapat memengaruhi tubuh.
Foto:

Akibat dari kondisi itu adalah otak langsung beralih dari tahap delta ke keadaan terjaga dan waspada (juga dikenal sebagai keadaan beta). Padahal, berdasarkan laporan Scientific American, keadaan theta merupakan waktu yang ideal untuk memanfaatkan pikiran bawah sadar dan membantu otak mengarahkan tindakan.

"Dengan melewatkan keadaan ini dan mengecek ponsel segera setelah bangun tidur, Anda mempersiapkan otak untuk mengalihkan perhatian. Melihat atau membaca sesuatu yang negatif di pagi hari juga dapat memicu respons stres dan membuat gelisah sepanjang hari," kata Rai.

Terlebih, jika saat seseorang membuka ponsel, yang diakses adalah berbagai tugas dan pekerjaan, atau email yang belum dibalas. Seseorang cenderung tergoda mengerjakannya saat masih berbaring di tempat tidur. Hal ini menjadi masalah baru.

Rai mengutip ucapan Julie Morgenstern, penulis buku Never Check Email In the Morning, bahwa berbagai permintaan, interupsi, dan permasalahan tersebut tidak akan ada habisnya. Lantas, bagaimana jika seseorang memang harus stand-by mengecek ponsel setiap saat?

Menurut Rai, yang paling baik adalah memberi jeda waktu sebelum mulai mengerjakan tugas-tugas yang diakses lewat gawai. Setidaknya, jangan langsung meraih ponsel begitu membuka mata.

"Minimal, tunggulah selama 59 menit," ujar Rai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement