Selasa 30 Jan 2024 04:04 WIB

Usahakan Buang Air Besar Setelah Bangun Pagi, Ini Manfaatnya Menurut Ahli Naturopati

Dokter ahli naturopati sebut buang air besar paling baik di pagi hari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Buang air di pagi hari adalah kebiasaan yang bagus untuk tubuh.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Kloset. Buang air di pagi hari adalah kebiasaan yang bagus untuk tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak hal yang dilakukan orang untuk memulai hari, mulai dari sarapan hingga berolahraga. Namun, menurut dokter naturopati Janine Bowring dari Kanada, yang harus diprioritaskan di pagi hari adalah buang air besar.

"Menurut pengobatan tradisional Cina, pagi hari adalah waktu yang optimal bagi organ untuk buang air besar," kata dr Bowring lewat video yang diunggah di akun TikTok miliknya.

Baca Juga

 

Dokter Bowring menjelaskan, tubuh telah memproses semua racun yang dihadapi tubuh setiap hari. Tubuh kemudian melakukan detoksifikasi sepanjang malam melalui hati dan ginjal.

"Kemudian kita membuang beban itu melalui perut di pagi hari untuk memulai hari lagi," ujar dia.

Waktu sirkadian membantu memberi sinyal pada tubuh untuk buang air besar dengan benar. Hal ini didasarkan pada siklus terang dan gelap pada siang hari dan perubahan suhu pada malam hari, yang biasanya lebih rendah.

Di siang hari, saat keadaan memanas, inilah sinyal pada tubuh untuk buang air besar dengan baik. "Jadi tip saya di sini, kapan pun Anda melihat cahaya matahari, biarkan tubuh Anda melakukan pemanasan secara alami di pagi hari untuk membantu merangsang buang air besar yang baik," ucap dr Bowring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement