Senin 25 Mar 2024 16:24 WIB

Alami Ambeien? Ini Ragam Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Ambeien tingkat 4 merupakan ambeien yang paling parah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengalami amebeien atau wasir (ilustrasi). Ada berbagai pilihan pengobatan yang tersedia untuk ambeien tergantung pada derajat prolapsnya.
Foto: www.freepik.com
Seseorang mengalami amebeien atau wasir (ilustrasi). Ada berbagai pilihan pengobatan yang tersedia untuk ambeien tergantung pada derajat prolapsnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ambeien atau wasir adalah bagian alami dari anatomi tubuh manusia. Tidak jarang ambeien mengalami peradangan, menyebabkan nyeri pada dubur, pendarahan, dan gejala tidak nyaman lainnya. 

Dilansir HealthMatch, Senin (18/3/2024), ada empat tingkatan wasir internal. Ambeien tingkat empat seperti yang dialami oleh artis Sandra Dewi adalah yang paling parah. Ambeien tingkat empat ini adalah ketika ambeien internal menjadi terlalu parah dan besar, keluar melalui saluran anus, dan tidak dapat diperkecil. 

Baca Juga

Ada berbagai pilihan pengobatan yang tersedia untuk ambeien tergantung pada derajat prolapsnya. Ini termasuk: pertama, pengobatan rumahan seperti krim dan salep yang dijual bebas (OTC), suplementasi serat dan diet tinggi serat, sitz bath, serta olahraga bisa membantu meringankan gejala ambeien di rumah. 

Para pasien juga dapat mencoba membatasi asupan makanan-makanan berlemak dan alkohol untuk membantu mencegah sembelit. Namun, bertentangan dengan kepercayaan umum, penelitian-penelitian  tidak menemukan bukti bahwa makanan pedas memengaruhi gejala ambeien.

Kedua, obat-obatan. Beberapa obat umum dapat digunakan untuk mengobati ambeien secara topikal, termasuk Lidokain, krim steroid, astringen seperti witch hazel, dan krim yang mengandung seng oksida. 

Ketiga, pengobatan berbasis klinik. Dokter Anda mungkin merekomendasikan pilihan pengobatan berbasis klinik jika pengobatan menggunakan obat-obatan terbukti tidak efektif. 

Opsi pengobatan berbasis klinik ini seperti elektrokoagulasi, fotokoagulasi inframerah, skleroterapi, dan ligasi karet gelang (rubber band ligation) untuk menyusutkan dan memperkecil ukuran ambeien. Untuk ambeien tingkat empat, pendekatan lini pertama adalah pembedahan. Pembedahan melibatkan pengangkatan seluruh ambeien internal yang prolaps. Prosedur ini dikenal sebagai hemoroidektomi. 

Selanjutnya yaitu mengenai cara mendiagnosis ambeien tingkat empat. Dokter biasanya dapat mendiagnosis ambeien dari pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan. Biasanya ambeien luar terlihat, terutama jika berupa gumpalan darah. 

Saluran anus mungkin diperiksa oleh dokter dengan anoskop untuk ambeien internal. Misalnya, pemeriksaan colok dubur menemukan darah mikroskopis di tinja atau tanda-tanda pendarahan dubur lainnya. Dalam kasus ini, dokter akan melakukan kolonoskopi untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab pendarahan rektum lainnya, seperti kanker atau polip kolorektal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement