Jumat 30 Jun 2023 20:27 WIB

Posisi yang Benar di Toilet Duduk Agar Buang Air Besar Berjalan 'Lancar'

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda dapat buang air besar dengan lancar.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Tisu toilet (ilustrasi). Ada posisi tepat yang harus dilakukan ketika di toilet duduk agar buang air besar berjalan lancar.
Foto: www.freepik.com
Tisu toilet (ilustrasi). Ada posisi tepat yang harus dilakukan ketika di toilet duduk agar buang air besar berjalan lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duduk di toilet ketika buang air besar rupanya tidak bisa dilakukan sembarangan. Dilansir akun Tiktok milik salah seorang dokter, dr Karan Raj, membagikan cara agar posisi tubuh di toilet agar buang air besar dapat berjalan lancar.

"Fokus pada sudut, khususnya sudut antara perut dan paha Anda," kata dr Raj dikutip dari laman Huffington Post, Jumat (30/6/2023).

Baca Juga

Dengan kata lain, bagian atas paha Anda harus berada sedekat mungkin dengan bagian bawah tubuh. Raj menyarankan untuk mencondongkan tubuh ke depan.

Cara lain yang mudah untuk mencapai posisi tersebut adalah dengan menempatkan  bangku pendek di bawah kaki Anda. "Condongkan tubuh ke depan dengan mengangkat tumit Anda," kata dia.

Selain posisi tubuh yang tepat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda dapat buang air besar dengan lancar. Berikut daftarnya seperti diungkapkan National Health Services (NHS) di Inggris:

- Makan lebih banyak serat (Anda harus makan setidaknya 18-30 gram serat sehari. Makanan berserat tinggi termasuk banyak buah dan sayuran segar dan sereal).

- Minum cukup air putih

- Berolahraga secara teratur

- Mengatur rutinitas buang air besar 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement