Sabtu 30 Sep 2023 22:11 WIB

Dokter Ungkap 3 Asupan yang Dipercaya Ampuh Lancarkan Buang Air Besar

Jika tidak minum cukup air, tinja akan menjadi kering dan keras.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Sakit perut akibat susah buang air besar (ilustrasi). Dokter mengungka 3 asupan yang dinilai mampu mengatasi susah buang air besar.
Foto: www.flickr.com
Sakit perut akibat susah buang air besar (ilustrasi). Dokter mengungka 3 asupan yang dinilai mampu mengatasi susah buang air besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulit buang air besar merupakan salah satu perasaan tidak nyaman yang bisa dialami siapa pun. Menurut Cleveland Clinic, sembelit paling sering terjadi karena perubahan pola makan atau rutinitas, atau karena kurangnya asupan serat.

Jika masalahnya sangat menyakitkan atau terus berlanjut, maka harus segera mengunjungi dokter. Namun jika ingin bisa buang air besar dengan mudah, dilansir Best Life, Senin (25/9/2023), spesialis kesehatan usus mengungkapkan tiga hal yang akan membuat seseorang langsung buang air besar. 

Baca Juga

Penting untuk diingat bahwa ini hanyalah saran mengenai makanan dan minuman yang dapat membantu memindahkan sesuatu melalui saluran pencernaan. Rekomendasi perawatan diri lainnya untuk sembelit dari Cleveland Clinic, ada juga seperti berolahraga, menghindari makanan olahan dan gorengan, serta mengangkat kaki saat duduk di toilet.

Namun jika mengalami sembelit, diare, atau masalah lain terkait buang air besar, berkonsultasi dengan dokter harus selalu menjadi tindakan pertama. Obat-obatan dan suplemen tertentu dapat menyebabkan sembelit, begitu pula masalah kesehatan yang mendasari seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau diabetes.

1. Buah ara

Dalam sebuah video Tiktok, dokter naturopati Janine Bowring, memulai daftarnya dengan berbagi bahwa buah ara bagus untuk melancarkan buang air besar karena kaya akan serat. Menurut Mayo Clinic, serat membantu mengatasi sembelit karena meningkatkan berat dan ukuran tinja, serta melunakkannya. Makanan berserat tinggi lainnya yang direkomendasikan oleh Cleveland Clinic adalah plum, sereal, jeruk, nanas, buah beri, mangga, alpukat, dan pepaya.

2. Air

“Tentu saja, Anda perlu terhidrasi dengan baik dengan air berkualitas baik agar segala sesuatunya tetap berjalan,” kata Bowring. Jika tidak minum cukup air, tinja akan menjadi kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan.

Menurut Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS, seperti dikutip Mayo Clinic, pria harus mengonsumsi air sekitar 15,5 gelas dan wanita 11,5 gelas. “Sekitar 20 persen asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman,” kata para ahli tersebut. Menurut Cleveland Clinic, selain menghidrasi diri sendiri, bisa juga menghindari hal-hal yang membuat dehidrasi, seperti minuman berkafein dan minuman manis. 

3. Minyak zaitun dalam kopi

Minum kopi mungkin merupakan salah satu cara paling umum yang dilakukan orang untuk mudah buang air besar. Hal ini didukung oleh sains, termasuk penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients yang melaporkan kopi merangsang sekresi lambung dan usus besar. 

Tapi Bowring punya trik untuk membuat ini bekerja lebih baik, tambahkan minyak zaitun ke secangkir kopi pagi. Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Pediatric Surgery, menunjukkan bahwa minyak zaitun efektif dalam meredakan sembelit.

Namun tren memasukkannya minyak zaitun ke dalam kopi mulai meningkat awal tahun ini, ketika Starbucks memperkenalkan kopi Oleato, yang semuanya mengandung minyak zaitun. Dalam video Tiktok terpisah, Bowring mengutip penelitian lain yang menunjukkan wanita yang memasukkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam sarapan, mengalami kehilangan lemak lebih besar dan penurunan tekanan darah secara signifikan, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. 

“Hasil luar biasa ini dapat dikaitkan dengan adanya polifenol dalam minyak zaitun, yang secara efektif mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan,” kata Bowring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement