Rabu 17 Jan 2024 00:07 WIB

Lokasi Nyeri Bisa Ungkap Penyebabnya, Kalau Sakit Perut Kanan Atas karena Apa?

Lokasi sakit perut bisa memberi tanda mengenai penyebabnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Penyebab sakit perut bisa dideteksi dari area yang terasa nyeri.
Foto:

5. Perut kanan atas

Rasa sakit terus-menerus di area kanan atas perut, tepat di belakang tulang rusuk, bisa jadi disebabkan oleh batu empedu. Batu empedu diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan susunan kimiawi di dalam kandung empedu atau kelebihan kolesterol.

Patel mengatakan, rasa sakit serupa di area sama juga bisa disebabkan oleh penyumbatan kantong empedu oleh batu empedu. "Dalam kasus ini, batu empedu dapat menyebabkan masalah lain seperti penyakit kuning, pankreatitis, atau kolangitis," tuturnya.

6. Punggung kanan bawah

Terkadang, sakit perut menjalar hingga ke bagian belakang dekat punggung. Nyeri di sisi kanan punggung bagian bawah bisa menandakan infeksi saluran kemih bagian atas, yang bisa serius jika tidak diobati, karena dapat merusak ginjal atau menyebar ke aliran darah.

Gejala lain termasuk demam, menggigil, bingung, dan gelisah. Jika mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter. Sebab, infeksi ginjal yang tidak diobati dapat menyebabkan sepsis, reaksi infeksi yang dapat menyebabkan kegagalan banyak organ dan kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement