Sabtu 13 Jan 2024 07:26 WIB

Sutradara Parasite Tuntut Pertanggungjawaban atas Kematian Lee Sun kyun

Lee wafat di tengah penyelidikan kasus narkoba yang dipublikasikan secara luas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Sutradara Korea Selatan Bong Joon-ho, tengah, berbicara saat konferensi pers menuntut penyelidikan atas kasus kematian mendiang aktor Lee Sun-kyun di Seoul, Korea Selatan, Jumat, 12 Januari 2024.
Foto:

Sang sutradara juga mempertanyakan pemberitaan kontroversial mengenai kehidupan pribadi Lee, apakah informasi tersebut bermanfaat bagi publik? Ia juga mempertanyakan sumber media yang memberitakan penyelidikan polisi secara detail meski bersifat rahasia.

"Laporan KBS pada tanggal 24 November memuat banyak rincian dari penyelidikan polisi. Bagaimana mereka memperoleh sumber dan rinciannya harus diungkapkan?" ungkap Bong Joon ho.

Penyanyi-penulis lagu Yoon Jong shin juga berbicara mengenai masalah serupa. Dia mempertanyakan artikel tentang kehidupan pribadi Lee Sun kyun dan proses penyelidikan kepolisian. Dia juga menyebut saluran media yang dibuat oleh satu orang di platform jejaring sosial, sering kali membuat konten sensasional tanpa pengecekan fakta yang sebenarnya.

"Hanya karena para artis menerima "pengakuan dari masyarakat melalui media tidak berarti bahwa media dapat memberitakan tentang para artis tanpa pemeriksaan fakta yang jelas. Apa yang dilakukan jurnalisme kuning dan ‘penghancur dunia maya’ saat ini harus diperbaiki," ujar Yoo Jong shin.

Aktor Kim Eui sung mengatakan bahwa ia berharap kejadian malang seperti itu tidak akan terjadi lagi selama penyelidikan terhadap tokoh masyarakat mana pun. Asosiasi Solidaritas Seniman Budaya meminta media untuk secara sukarela menghapus artikel yang berkaitan dengan kehidupan pribadi mendiang aktor tersebut dan informasi lain apa pun yang tidak boleh dipublikasikan.

Sebab jika tidak, keluarga Ler yang berduka bisa tinggal di “penjara digital” selamanya. Asosiasi tersebut juga berencana untuk menyampaikan pernyataan tertulis kepada ketua Majelis Nasional, polisi, dan KBS, lembaga penyiaran nasional yang membagikan laporan provokatif tentang kehidupan pribadi Lee.

Para anggota juga mengumumkan niat mereka untuk melanjutkan tindakan kolektif sampai mereka “mendapatkan hasil yang dapat diterima.” Mereka juga berencana untuk mengorganisir upaya berkolaborasi dengan kelompok artis lain untuk mengusulkan apa yang disebut “Lee Sun Kyun Act.” Meskipun mereka tidak mengungkapkan isi spesifik RUU tersebut, tujuannya adalah untuk melindungi hak asasi seniman.

Sesaat sebelum kematiannya, Lee Sun kyun menjalani interogasi polisi ketiga kalimya yang berlangsung selama 19 jam. Dia sedang diselidiki atas dugaan penggunaan narkoba, namun aktor tersebut mengaku tidak bersalah, dan hasil tes narkobanya negatif beberapa kali. Selama interogasi terakhir, dia meminta tes pendeteksi kebohongan, tapi tidak lama kemudian dia ditemukan tewas di dalam mobil yang diparkir dekat Jongno, Seoul, pada 27 Desember 2023. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement