Rabu 10 Jan 2024 00:06 WIB

Kolesterol Tinggi, Tubuh Perlihatkan Empat Tanda, Apa Saja?

Perlu cek darah untuk memeriksa kadar kolesterol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Xantelasma merupakan salah satu pertanda kolesterol tinggi, juga bisa karena faktor keturunan.
Foto:

Arkus kornea

Arkus kornea adalah sebutan untuk cincin berwarna putih abu-abu yang dapat terbentuk di sekitar kornea mata. Dokter Zalmay menjelaskan kondisi ini mungkin terkait dengan tingginya kadar lemak dalam darah Anda.

Selain itu, arkus korneajuga bisa dikaitkan dengan kondisi lain, seperti tekanan darah tinggi dan aterosklerosis. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 80 tahun.

"Corneal arctis biasanya tidak menyebabkan masalah penglihatan apa pun, sehingga biasanya tidak memengaruhi penglihatan Anda dan umumnya juga tidak hilang dengan sendirinya," ujar dr Zalmay.

Ada benjolan-benjolan atau gumpalan-gumpalan di sekitar lutut, buku jari, atau siku

Dokter Zalmay menjelaskan tanda-tanda fisik tersebut terjadi ketika kolesterol berlebih menumpuk di berbagai bagian tubuh. Hal ini paling umum terjadi pada orang dengan hiperkolesterolemia familial, yang berarti mereka mewarisi kadar kolesterol tinggi dibandingkan mengembangkannya melalui kebiasaan gaya hidup.

Sekitar satu dari 250 orang menderita hiperkolesterolemia familial.  Jika melihat salah satu dari tanda-tanda ini atau khawatir dengan kadar kolesterol Anda, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement