Senin 08 Jan 2024 14:20 WIB

Film yang Berkisah Tentang Kehancuran Dunia, Bikin Penonton Ketakutan

Film berkonsep kehancuran dunia dibalut dalam kisah penuh aksi yang mendebarkan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Children of Men. Ada beberapa film yang mengisahkan tentang kiamat dan kehancuran dunia, salah satunya Children of Men.
Foto: Dok. Universl Pictures
Salah satu adegan di film Children of Men. Ada beberapa film yang mengisahkan tentang kiamat dan kehancuran dunia, salah satunya Children of Men.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penonton film telah lama tertarik dengan cerita tentang kiamat atau kehancuran dunia. Umumnya, mereka menemukan ketertarikan yang tidak wajar terhadap berakhirnya peradaban. 

Namun beberapa film terbaik tentang topik ini bisa dibilang telah memungkinkan penonton untuk mengeksplorasi dan memuaskan rasa ingin tahu mereka saat menyaksikan peristiwa tak terbayangkan. Tampaknya ada keingintahuan umat manusia mengenai akhir dunia.

Baca Juga

Baik itu tentang kiamat zombie, dampak nuklir, bencana iklim, atau tabrakan dengan asteroid, tema konsep kehancuran dunia dibalut dalam film-film penuh aksi yang mendebarkan. Hal itu terlepas dari ceritanya yang sering kali kurang realistis, fiksi atau bahkan dilebih-lebihkan.

Berikut lima film tentang kehancuran dunia, seperti dikutip dari laman Screen Rant:

1. Children of Men (2006)

photo
Film Children Of Men. - (Universl Pictures)

 

Children of Men menjadi film dengan gambaran mendalam tentang masa depan distopia suram yang ditandai dengan ketidaksuburan global, dan mendorong umat manusia ke ambang kepunahan. Runtuhnya pemerintahan dan migrasi massal dari Inggris yang kacau menciptakan latar belakang kekacauan. Protagonis Theo, yang dikeraskan oleh dunia yang putus asa, mengambil tanggung jawab untuk melindungi wanita hamil pertama dalam 18 tahun. Tanggal rilis film 5 Januari 2007, disutradarai Alfonso Cuaron. Pemerannya antara lain, Clare-Hope Ashitey, Julianne Moore, Clive Owen, Danny Huston, Michael Caine. Film ini berperringkat R.

Di luar reputasinya sebagai film thriller yang menegangkan, film ini membedah tema harapan dan altruisme di tengah malapetaka yang akan datang. Dengan sinematografi bergaya dokumenter dan penggunaan keheningan yang intens secara strategis, Children of Men berdiri sebagai puncak dalam penceritaan pasca-apokaliptik. 

2. Interstellar (2014)

photo
Film Interstellar. - (Paramount Pictures)

 

Interstellar melukiskan potret masa depan yang berdasarkan ilmu pengetahuan ketika tanaman mati dan badai debu menghancurkan bumi padat penduduk. Bumi sedang di ambang kehancuran. 

Ketika masyarakat melakukan pengeboman terhadap peternakan dan umat manusia kehilangan harapan untuk bertahan hidup, tim astronot memulai misi antarbintang yang berani melalui lubang cacing yang baru ditemukan untuk menemukan planet rumah baru. Dirilis 7 November 2014, film arahan Christopher Nolan ini dibintangi Anne Hathaway, Matthew McConaughey, Jessica Chastain, hingga Ellen Burstyn, dengan peringkat PG-13.

3. Melancholia (2011)

photo
Poster film Melancholia. - (Dok. Nordisk Film)

 

Dengan kecantikan melankolis, Lars von Trier, menghadapi kematian melalui potret mesra dua saudara perempuan yang menghadapi peristiwa kepunahan. Saat sebuah planet jahat meluncur menuju Bumi, Melancholia mengeksplorasi dikotomi antara Justine yang depresi secara klinis dari Kirsten Dunst dan Claire yang cemas dari Charlotte Gainsbourg.

Film ini menunjukkan bahwa kedamaian batin dalam menghadapi bencana, dan membawa pesan bahwa setiap orang akan menemui akhir mereka dalam cara yang berbeda. Ada beberapa karakter yang melakukan penolakan dengan panik, sementara yang lain menerima dengan rasa lebih tenang.

4. Leave the World Behind (2023)

photo
Salah satu adegan di film Leave the World Behind. - (Dok. Netflix)

 

Leave the World Behind cukup menarik karena penggambarannya yang menakutkan tentang kehancuran masyarakat. Hal ini membuat karakter dan penonton berada dalam kabut ketidakpastian yang mencemaskan.

Ketika liburan indah keluarga Sandford berubah menjadi menyeramkan, kenyataan dan teknologi tampaknya memberikan gangguan di sekitar mereka. Ini disajikan dengan fenomena suram dan penguntitan orang asing. Bersandar pada era kecemasan saat ini, film seperti Leave the World Behind memungkinkan imajinasi menjadi liar membayangkan akhir dunia namun tidak memberikan jawaban yang mudah.

5. The Road (2009)

photo
Salah satu adegan di film The Road. - (Dok. Dimension Films)

 

Menunjukan kesan suram, menghantui, dan penuh emosional, The Road menampilkan keindahan dalam "tekanan" kiamat melalui ikatan mendalam antara ayah dan anak. Saat Viggo Mortensen dan Kodi Smit-McPhee melintasi lanskap pascabencana yang parah untuk mencari harapan, film ini bergulat dengan tema moralitas dan pengorbanan yang berat di saat-saat putus asa. 

Tegas, namun mengharukan, The Road menangkap perjuangan besar dalam mempertahankan kemanusiaan seseorang di akhir zaman. Visinya tentang cinta sebagai cahaya yang muncul pada saat-saat tergelap umat manusia, mengukuhkan statusnya sebagai kemenangan pasca-apokaliptik. Film yang rilis 25 November 2009 ini disutradarai John Hillcoat, dan diperankan oleh Kodi Smit-McPhee, Guy Pearce, Viggo Mortensen, Robert Duvall, serta Charlize Theron dengan peringkat R.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement