Jumat 05 Jan 2024 10:16 WIB

Makan di Resto All You Can Eat, Ini Aturan yang Perlu Diketahui Agar tak Kena Denda

Ada beberapa aturan di restoran all you can eat (AYCE).

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Rekomendasi restoran all you can eat (ilustrasi). Ada beberapa peraturan yang perlu diketahui pengunjung ketika makan di restoran all you can eat (AYCE).
Foto: www.freepik.com
Rekomendasi restoran all you can eat (ilustrasi). Ada beberapa peraturan yang perlu diketahui pengunjung ketika makan di restoran all you can eat (AYCE).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran dengan konsep all you can eat (AYCE) menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia. Namun tidak jarang masih ada yang belum sepenuhnya memahami beberapa peraturan umum dari AYCE.

Seperti kasus viral di media sosial beberapa hari ini tentang pengunjung restoran AYCE yang harus membayar denda karena tidak menghabiskan daging yang diambilnya. Bahkan di video itu tertulis, denda tersebut lebih mahal dibandingkan biaya makan di restoran AYCE tersebut. 

Baca Juga

Dalam video yang diunggah, terlihat beberapa slice daging yang sedang diukur pihak pramusaji pada timbangan. "Bayar denda lebih mahal daripada bayar makan," tulis keterangan dalam video itu.

Meskipun pengunjung boleh mengambil makanan sepuasnya di restoran AYCE, namun tetap perlu bijaksana, kendati ada yang tidak memberlakukan denda. Pihak restoran AYCE pun sudah mewanti-wanti agar pengunjung mengambil makanan seperlunya agar tidak mubazir.

Sebenarnya bagaimana peraturan umum makan di restoran AYCE? Ini yang perlu diketahui pengunjung:

1. Makan sepuasnya

Dengan harga tertentu, konsumen bisa mengambil makan sepuasnya. Pengunjung dapat mengambil makanan sepuasnya hanya dengan sekali bayar sesuai dengan ketentuan restoran. 

Konsumen bebas mengambil apa saja dan gratis untuk diisi ulang. Hidangan makanan biasanya menggunakan konsep prasmanan atau buffet dengan beragam menu. Banyak yang menyediakan bahan masakan mentah yang bisa dimasak langsung saat makan di restorannya. Mulai dari daging impor, seafood, hingga sayuran dan jamur yang cocok dimakan bersamaan.

2. Denda makanan 

Pemberlakukan denda dilakukan sejumlah restoran AYCE di Indonesia. Contohnya, denda mulai Rp 50 rupiah per 100 gram untuk makanan yang tidak habis. Nominal denda ini bisa berbeda-beda bergantung ketentuan setiap restoran. 

Selain itu, denda juga bisa diterapkan ketika konsumen ketahuan membungkus atau membawa pulang makanan yang berlebihan sesuai peraturan restoran. Namun ada juga restoran AYCE yang tidak memberlakukan denda. 

3. Waktu makan terbatas

Pada beberapa restoran AYCE, pengunjung biasanya diberi waktu terbatas untuk menikmati makanan dan minuman yang ada. Cobtohnya, 90 menit, 120 menit, dan seterusnya. 

4. Pilihan bayar

Ada restoran yang menawarkan pilihan untuk konsumen bisa membayar harga per orang. Kemudian harga khusus untuk anak-anak atau harga yang berbeda untuk hari-hari tertentu.

5. Minuman gratis

Selain hidangan makanan, biasanya ada minuman gratis yang tersedia. Di samping menu hidangan utama, konsumen juga bisa mengambil aneka kudapan dan dessert yang ditawarkan oleh restoran. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya konsumen bertanya peraturan makan di AYCE yang didatangi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement