Kamis 04 Jan 2024 00:31 WIB

Tidur di Kamar Berbeda Ternyata Lebih Bagus Bagi Suami-Istri, Mengapa Begitu?

Menurut penelitian, tidur di kamar berbeda besar manfaatnya buat suami-istri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Suami tidur sendirian, sementara istrinya di kamar lain (Ilustrasi). Tidur di kamar berbeda banyak manfaatnya bagi kesehatan dan menjaga hubungan suami-istri.
Foto:

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hal ini berkorelasi langsung dengan jumlah warga AS yang tidak cukup tidur.  Ahli paru dan juru bicara AASM Dr. Seema Khosla mengatakan pihaknya tahu bahwa kurang tidur dapat memperburuk suasana hati, dan mereka yang kurang tidur lebih cenderung bertengkar dengan pasangannya.

"Tidur malam yang nyenyak penting untuk kesehatan dan kebahagiaan, jadi tidak mengherankan jika beberapa pasangan memilih tidur terpisah demi kesejahteraan mereka secara keseluruhan," ujar Dr. Khosla.

photo
Tips buat yang lagi susah tidur. - (Republika)

Sementara itu, penelitian di Michigan, yang bereksperimen dengan tikus-tikus, mengamati bahwa makhluk kecil sering kali mengorbankan lokasi tidur pilihan mereka agar lebih dekat satu sama lain, Upaya ini dilakukan untuk memuaskan keinginan mereka akan koneksi fisik dan rasa aman.  Para peneliti menyebut hal tersebut sebagai "somatolonging".

"Kurangnya kontak semacam ini terbukti selama pandemi Covid-19, di mana orang-orang mengalami somatolonging," kata penulis penelitian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement