Selasa 05 Dec 2023 15:23 WIB

Kebiasaan Kecil yang Tanpa Disadari Ganggu Kualitas Tidur, Sebaiknya Hindari

Kualitas tidur bisa terganggu oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang umum dilakukan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur (ilustrasi). Kualitas tidur bisa terganggu oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang umum dilakukan oleh banyak orang.
Foto: Needpix
Tidur (ilustrasi). Kualitas tidur bisa terganggu oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang umum dilakukan oleh banyak orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur yang nyenyak dan berkualitas memegang peranan penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, kualitas tidur bisa terganggu oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang umum dilakukan oleh banyak orang.

Berdasarkan sebuah studi pada 2019, gangguan tidur menjadi sebuah epidemi kesehatan masyarakat yang tersembunyi selama beberapa tahun ke belakang. Yang cukup mengejutkan, ada cukup banyak faktor pengganggu tidur yang ternyata berkaitan dengan aktivitas yang dilalukan oleh orang-orang saat terjaga.

Baca Juga

Setidaknya, ada tiga kebiasaan dalam keseharian yang jarang disadari bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut, seperti dilansir Healthline pada Senin (4/12/2023):

1. Olahraga malam

 

Secara umum, kebiasaan berolahraga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Hanya saja, olahraga yang dilakukan pada malam hari bisa mempengaruh ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

Sudi pada 2019 menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan pada jam 07.00 atau pukul 13.00-16.00 dapat memunculkan rasa kantuk yang lebih awal pada malam hari. Sebaliknya, olahraga yang dilakukan antara jam 19.00-22.00 malam dapat membuat rasa kantuk muncul lebih lambat. Bila memungkinkan, olahraga sebaiknya dilakukan sebelum jam 19.00 malam.

2. Permainan pikiran

Melakukan aktivitas yang merangsang pikiran, seperti membaca buku yang menstimulasi mental atau emosi, bisa mempersulit tidur pada malam hari. Selain itu, pikiran yang terstimulasi secara berlebihan sebelum tidur bisa meningkatkan peluang munculnya mimpi yang mengganggu saat tidur.

Akan lebih baik bila orang-orang melakukan aktivitas yang merelaksasi sebelum tidur. Beberapa di antaranya adalah mendengarkan lagu yang menenangkan, meditasi, berdoa, atau mandi air hangat.

3. Aroma yang menstimulasi

Wewangian yang menenangkan dapat mempermudah tidur pada malam hari. Namun sebaliknya, wewangian yang menstimulasi bisa memberikan efek sebaliknya. Beberapa contoh wewangian yang menstimulasi adalah pepermint, jeruk, jahe, rosemary, basil, eukaliptus, dan melati.

Bila ingin mempermudah tidur, orang-orang sebaiknya beralih ke wewangian yang menenangkan. Beberapa contohnya adalah lavender, sandalwood, mawar, bergamot, ylang ylang, serta akar wangi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement