Jumat 08 Dec 2023 10:28 WIB

Aktor Senior Indonesia Yayu Unru Meninggal Dunia, Belasungkawa Mengalir dari Public Figure

Lukman Sardi hingga Chicco Jerikho mengucap belasungkawa atas kepergian Yayu Unru.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Yayu Unru. Aktor Yayu Unru meninggal dunia pada usia 61 tahun.
Foto: Dok. instagram/@yayuunru
Aktor Yayu Unru. Aktor Yayu Unru meninggal dunia pada usia 61 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang dari dunia perfilman Indonesia. Aktor kawakan Indonesia yang juga dikenal sebagai sosok pelatih akting, Yayu Unru, meninggal dunia pada usia 61 tahun. Rekan sesama aktor, Teuku Rifnu Wikana, menyampaikan hal tersebut melalui Instagram Story.

"Innalillahi wa innailaihi roji’un. Telah kembali ke pangkuan-Nya, guru kami, abang kami, saudara kami, @yayuunru. Beliau orang baik, sejatinya di dunia teater dan film banyak membawa kebajikan. Semoga Allah menempatkan beliau di sisi-Nya. Selamat jalan, Bang," kata Rifnu pada unggahannya, Jumat (8/12/2023). 

Baca Juga

Ucapan belasungkawa segera berdatangan dari deretan figur publik Indonesia yang berkecimpung di dunia perfilman dan mengenal dekat atau pernah berkolaborasi bersama Yayu. "Rest in love, Mas Yayu," ungkap sutradara dan penulis naskah Gina S Noer.

Lewat Instagram Story, aktor Chicco Jerikho pun membagikan momen berkesan dirinya bersama Yayu serta ungkapan kesedihan atas wafatnya Yayu. "Dia yang memanggilku Al telah berpulang di hari Jumat. Orang yang berhati baik dan tulus. Semua kenangan akan ku simpan dengan baik. Selamat jalan, Guru," tulis Chicco. 

 

Aktor Lukman Sardi membuat unggahan penghormatan untuk Yayu di akun Instagram @lukmansrd. "Selamat jalan, Mas Yayu. Terima kasih buat karya dan ilmunya yang selalu disampaikan dengan sederhana tapi penuh makna," ujar Lukman.

Sutradara Mouly Surya turut memberikan penghormatan terakhir bagi Yayu. Melalui akun Instagram @moulysurya, Mouly membagikan adegan favorit dari Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, film yang dia sutradarai dan dibintangi Yayu.

"Waktu proses ADR/dubbing, saya ingat betul pas Mas Yayu Unru melihat scene ini untuk pertama kali. Dia kelihatan kaget dan senang, "wah ini bagus sekali!". Tidak banyak memori saya dengan almarhum Yayu Unru. Tetapi, biar sedikit, sungguh tak terlupakan. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga mas Yayu husnul khatimah," ucap Mouly.

Aktris Indah Permatasari bercerita bahwa dirinya berkarya bersama Yayu di film Gara Gara Warisan. Yayu berperan menjadi bapak dari tokoh yang diperankan Indah. "Senang sekali bisa bermain bersamanya, kebetulan kami sama-sama dari Makassar, rasanya memang seperti Bapak sendiri," ujar Indah di akun Instagram @indahpermatas.

Yayu yang memiliki nama lengkap Andi Wahyuddin Unru lahir di Makassar pada 4 Juni 1962. Dia telah membintangi berbagai film durasi panjang, film pendek, serial web, serta berakting di panggung teater. Karya debutnya adalah berperan di film Demam Tari yang dirilis pada 1985. Yayu terus berkarya hingga tutup usia.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement