Kamis 30 Nov 2023 08:32 WIB

NewJeans Bikin Rekor di MAMA Awards, Raih 2 Daesang dalam 1 Malam

Hanya 3 girl group yang berhasil meraih Daesang kategori Artist Of The Year.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop NewJeans. NewJeans mencatatkan namanya dalam sejarah MAMA Awards dengan meraih dua Daesang dalam satu malam pada upacara penghargaan yang berlangsung di Tokyo Dome, Jepang, 29 November 202
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Grup K-pop NewJeans. NewJeans mencatatkan namanya dalam sejarah MAMA Awards dengan meraih dua Daesang dalam satu malam pada upacara penghargaan yang berlangsung di Tokyo Dome, Jepang, 29 November 202

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup pendatang baru, NewJeans, mencatatkan namanya dalam sejarah MAMA Awards dengan meraih dua Daesang dalam satu malam pada upacara penghargaan yang berlangsung di Tokyo Dome, Jepang, 29 November 2023. NewJeans berhasil memenangkan kategori Artist Of The Year dan Song Of The Year, sehingga mengukuhkan posisinya sebagai girl group pertama yang meraih penghargaan tertinggi kategori Artist Of The Year dalam 12 tahun terakhir.

Dilansir Koreaboo pada Kamis (30/11/2023), acara prestisius dalam industri musik Korea, MAMA Awards menetapkan empat kategori Daesang, yaitu Album Of The Year, Artist Of The Year, Song Of The Year, dan Worldwide Icon Of The Year. NewJeans bersaing dengan para pemimpin industri seperti Seventeen (SVT) dan BTS, yang masing-masing memenangkan Album Of The Year dan Worldwide Icon Of The Year.

Baca Juga

Prestasi luar biasa ini menjadi sorotan utama dalam industri musik K-pop, terutama karena NewJeans berhasil mengalahkan ekspektasi sebagai grup pendatang baru generasi keempat. Sebelumnya, Seventeen mencatatkan kemenangan Daesang pertama mereka, sementara BTS meraih penghargaan luar biasa saat masih dalam masa hiatus.

Namun, yang membuat pencapaian NewJeans semakin monumental adalah fakta bahwa mereka menjadi girl group pertama yang meraih Daesang kategori Artist Of The Year dalam 12 tahun terakhir. Terakhir kali, kategori tersebut dimenangkan oleh girl group pada 2011 oleh Girls' Generation (SNSD).

 

Dalam sejarah MAMA Awards, hanya tiga girl group yang berhasil meraih Daesang kategori Artist Of The Year. Penghargaan ini pertama kali diperkenalkan pada 2006 dan baru diberikan kepada girl group pada 2010, di mana 2NE1 menjadi pionir. Setelah itu, penghargaan ini selalu diberikan kepada boy group hingga NewJeans berhasil memecahkan tren tersebut setahun setelah debut mereka.

Keberhasilan NewJeans tidak hanya menciptakan sejarah bagi grup mereka sendiri, tetapi juga menginspirasi harapan besar dari para penggemar terhadap masa depan mereka di industri musik K-pop. Dengan pencapaian ini, NewJeans membuktikan bahwa mereka bukan hanya sekadar grup pendatang baru, tetapi juga kekuatan baru yang layak diperhitungkan di dunia K-pop. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement