Selasa 28 Nov 2023 13:04 WIB

Film Napoleon Dapat Skor Kurang Memuaskan, Lengkapi Kekecewaan Joaquin Phoenix?

Aktor Joaquin Phoenix memainkan 2 film pada tahun 2023 dan skornya kurang memuaskan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Joaquin Phoenix dalam salah satu adegan di film Napoleon. Dua film Phoenix yang tayang pada 2023 mendapat skor kurang memuaskan di situs ulasan film Rotten Tomatoes.
Foto: Dok. Sony Pictures Releasing
Aktor Joaquin Phoenix dalam salah satu adegan di film Napoleon. Dua film Phoenix yang tayang pada 2023 mendapat skor kurang memuaskan di situs ulasan film Rotten Tomatoes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2023 sepertinya menjadi sangat mengecewakan bagi Joaquin Phoenix, terutama setelah perilisan film terbarunya, Napoleon. Selain Napoleon, aktor tersebut juga membintangi film Beau Is Afraid yang tayang perdana pada 14 April 2023. 

Kedua film tersebut tidak mendapatkan performa yang baik di situs ulasan film Rotten Tomatoes. Napoleon dan Beau Is Afraid tidak memenuhi ekspektasi mengenai ulasan dari para kritikus, dan skor penontonnya di situs web juga tidak jauh lebih baik. 

Baca Juga

Dilansir Screen Rant, Selasa (28/11/2023), Phoenix berperan sebagai Beau Wassermann di Beau Is Afraid. Film ini menceritakan tentang seorang pria (Beau) yang menghadapi banyak ketakutan saat mencoba melakukan perjalanan pulang untuk menghadiri pemakaman ibunya. 

Sedangkan untuk film Napoleon, pria berusia  49 tahun ini memerankan karakter utama Napoleon Bonaparte. Napoleon menggambarkan kehidupan kaisar Prancis yang terkenal pada akhir 1700-an dan awal 1800-an. 

 

Kedua proyek tersebut seharusnya menjadi sorotan dalam film sang aktor, namun para kritikus malah terbagi atas keduanya. Beau Is Afraid menghasilkan 11,5 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 177,4 miliar selama penayangan teatrikalnya pada musim panas 2023 dengan anggaran 35 juta dolar AS. Pendapat kritikus terbagi atas film horor tragikomedi surealis. Beberapa orang terkesan dengan ambisi film tersebut dan penampilan Phoenix yang luar biasa sebagai Beau, sementara yang lain menyebutnya “mudah dikalahkan” dan mengkritik durasinya yang terlalu lama. 

Beau Is Afraid menerima skor Rotten Tomatoes sebesar 67 persen berdasarkan 260 ulasan, sementara penonton menilainya sebesar 71 persen. Sayangnya, skor Rotten Tomatoes Napoleon hampir sama. 

Hingga artikel ini ditulis, Napoleon masih diputar di bioskop Amerika Serikat. Di Indonesia, film Napoleon mulai tayang pada Rabu (29/11/2023). Sejauh ini, film drama sejarah epik tersebut telah menghasilkan 78,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun di seluruh dunia dengan anggaran 200 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,08 triliun.

Berbeda dengan film Phoenix tahun 2023 lainnya, Napoleon diperkirakan tidak akan gagal di box office meskipun mendapat ulasan beragam bagi para kritikus. Konsensus keseluruhannya adalah bahwa rangkaian pertarungan, penceritaan, dan penampilan film tersebut luar biasa, namun mengandung banyak ketidakakuratan sejarah yang mengganggu (dan durasi yang panjang).  Skor Rotten Tomatoes Napoleon mencapai 61 persen berdasarkan 225 ulasan, dan skor penontonnya adalah 60 persen. 

Proyek mendatang Phoenix pada 2024 mungkin akan menyusul. Sayangnya, tahun 2024 Phoenix mungkin tidak meningkatkan skor Rotten Tomatoes setelah penampilannya yang mengecewakan pada tahun 2023. 

Mengikuti Beau Is Afraid dan Napoleon, aktor ini akan membintangi Joker: Folie à Deux, yang tayang perdana pada 4 Oktober 2024. Sekuel yang sangat dinantikan hingga film Joker tahun 2019 niscaya akan menghasilkan angka box office yang mengesankan. 

Namun, para kritikus mungkin akan memberikan pendapat yang memecah-belah mengenai film mendatang seperti halnya proyek Phoenix pada tahun 2023. Meskipun Joker sukses besar dan membuat Phoenix mendapatkan Oscar pertamanya, skor Rotten Tomatoes-nya hanya 69 persen. Mungkin skor sekuelnya akan terlihat sama (atau bahkan lebih buruk) karena perbedaan pendapat tentang film tersebut. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement