Selasa 28 Nov 2023 11:13 WIB

Film Berdasarkan Kisah Nyata yang Diangkat dari Tragedi Mematikan

Berikut ini 5 film yang kisahnya berdasarkan tragedi dan bencana di dunia nyata.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Impossible. Ini menjadi salah satu film populer yang diangkat dari tragedi atau bencana di dunia nyata.
Foto: Dok. Warner Bros Pictures
Salah satu adegan di film The Impossible. Ini menjadi salah satu film populer yang diangkat dari tragedi atau bencana di dunia nyata.

REPUBLIK.co.id, JAKARTA -- Banyak kejadian di dunia nyata yang dapat diangkat ataupun sekadar menjadi inspirasi sebuah film. Salah satunya, peristiwa tentang tragedi dan bencana.

Berikut ini merupakan lima film yang kisahnya berdasarkan tragedi dan bencana di dunia nyata.

Baca Juga

1. Schindler’s List 

photo
Salah satu adegan Schindlers List. - (Dok. Universal Pictures)

 

 

Film besutan Steven Spielberg ini didasarkan pada novel non fiksi Schindler’s Ark yang ditulis oleh Thomas Keneally pada tahun 1982. Dilansir Collider, Senin (27/11/2023), Schindler’s List dinominasikan untuk 12 Academy Award, memenangkan tujuh, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Spielberg. 

Schindler’s List dibintangi oleh Liam Neeson sebagai Oskar Schindler, seorang industrialis Jerman yang bertanggung jawab menyelamatkan nyawa lebih dari 1.000 orang Yahudi dari Holocaust. Genosida Nazi terhadap orang-orang Yahudi mengakibatkan kematian sekitar enam juta orang Yahudi dan Schindler menyelamatkan sekitar 1.200 orang, yang kemudian dikenal sebagai Schindlerjuden (Yahudi Schindler). Epilog untuk film tersebut menunjukkan Schindlerjuden yang masih hidup dan para aktor mengunjungi makam Schindler.

2. Hotel Rwanda (2004)

photo
Salah satu adegan di film Hotel Rwanda. - (Dok. Metro-Goldwyn-Mayer)

 

Hotel Rwanda adalah film nominasi multipenghargaan yang mengisahkan peristiwa yang terjadi antara 7 April dan 15 Juli 1994, dan mengakibatkan sekitar 500 ribu hingga 800 ribu kematian orang Tutsi hanya dalam jangka waktu 100 hari. Cerita Hotel Rwanda berdasarkan genosida Rwanda 20 tahun sebelum film tersebut dirilis. 

Film yang disutradarai oleh Terry George berkisah tentang Paul Rusesabagina dan istrinya, Tatiana (diperankan oleh Don Cheadle dan Sophie Okonedo) saat mereka mulai menyelamatkan nyawa keluarga mereka dan lebih dari seribu pengungsi Hutu dan Tutsi lainnya selama perang saudara di Rwanda. Penuh dengan adegan mengerikan dan kenyataan yang mengharukan, konflik kehidupan nyata yang menginspirasi film memilukan ini tetap menjadi salah satu konflik yang paling sulit dipahami oleh banyak orang. 

Nomor 3...lanjutkan membaca>>

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement