Ahad 26 Nov 2023 20:31 WIB

Film Horor yang Jadi 'Inspirasi' Pembunuhan Berantai di Dunia Nyata

Beberapa pembunuh berantai yang mengaku mendapat inspirasi setelah menonton film ini.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Saw. Ini menjadi salah satu film yang jadi inspirasi pembunuhan di dunia nyata.
Foto: Dok. Lions Gate Films
Salah satu adegan di film Saw. Ini menjadi salah satu film yang jadi inspirasi pembunuhan di dunia nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film horor tidak hanya menjadi tontonan menghibur, tetapi juga bisa menginspirasi seseorang untuk melakukan kejahatan. Beberapa pembunuh berantai legendaris mengaku mendapat inspirasi setelah menonton sejumlah film.

Berikut deretan film yang pernah menjadi inspirasi bagi pelaku pembunuhan, seperti dilansir ScreenRant, Kamis (23/11/2023):

Baca Juga

1. The Collector (1965)

photo
Salah satu adegan di film The Collector. - (Dok. Freestyle Releasing)

 

 

Robert Berdella yang dikenal sebagai "Penjagal Kota Kansas" menjadi terkenal sebagai pembunuh berantai pada 1980-an. Beroperasi di Kansas City, Berdella menargetkan para pemuda dan menjadikan mereka objek penyiksaan serta kekerasan ekstrem di rumahnya. 

Kejahatannya termasuk penyerangan seksual, narkoba, dan pembunuhan. Berdella dengan cermat mendokumentasikan tindakan sadisnya dalam buku harian yang terperinci.

Dia ditangkap pada 1988 dan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Saat berada di dalam tahanan, Berdella menjelaskan bahwa dirinya terinspirasi dari film adaptasi novel The Collector yang berkisah tentang seorang pria yang menculik dan menyiksa seorang wanita.

2. Warlock (1989)

photo
Salah satu adegan di film Warlock. - (Dok. Trimark Pictures )

 

Setelah menonton film Warlock minimal 10 kali pada hari-hari sebelum dia melakukan pembunuhan ritual, Sandy Charles yang berusia 14 tahun mengaku kepada polisi bahwa dia bertindak atas nama roh. Pengacara pembela Barry Singer mengatakan, Charles membunuh seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun, memotong dagingnya, dan merebusnya menjadi lemak dengan harapan hal itu akan mengubahnya menjadi anak iblis.

Nomor 3...lanjutkan membaca>>

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement