Rabu 22 Nov 2023 18:36 WIB

Vaksinasi Pranikah Penting untuk Diri Sendiri, Pasangan, dan Keturunan

Vaksin HPV dan MMR penting untuk didapatkan sebelum menikah.

Vaksin (ilustrasi). Saat ini, belum semua orang di usia remaja menerima dosis vaksin HPV sesuai anjuran.
Foto: www.pixabay.com
Vaksin (ilustrasi). Saat ini, belum semua orang di usia remaja menerima dosis vaksin HPV sesuai anjuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan yang akan menikah dan ingin memiliki momongan perlu menjalankan pre marital check up (pemeriksaan kesehatan pranikah) dan vaksinasi. Ini merupakan tindakan yang penting untuk mencegah terjadinya permasalahan kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun keturunan ke depannya.

Beberapa vaksin yang menjadi bagian dari persiapan pernikahan dan perencanaan kehamilan di antaranya vaksin Human Papillomavirus (HPV) dan vaksin campak, gondongan, dan rubella (MMR).

Baca Juga

"Salah satu penyakit yang disebabkan oleh HPV adalah kanker serviks," kata dokter penyakit dalam subspesialis-konsultan alergi dan imunologi Prof Iris Rengganis.

HPV dapat ditularkan melalui kontak seksual. Kemungkinan penularannya meningkat seiring dengan adanya aktivitas seksual di usia dini, berganti-ganti pasangan seksual, dan memiliki pasangan seksual berisiko tinggi.

 

Tidak hanya pada perempuan, sekitar empat dari 10 kasus kanker yang disebabkan oleh HPV terjadi pada pria. Hanya saja, saat ini belum semua orang di usia remaja menerima dosis vaksin HPV sesuai anjuran.

"Bahkan, di Amerika, hanya sekitar 48 persen remaja berusia 13 hingga 15 tahun yang menerima dosis vaksin HPV yang direkomendasikan pada tahun 2018," kata Iris dalam keterangan pers MSD Indonesia yang diterima, Rabu (22/11/2023).

Iris mengingatkan penting bagi mereka yang akan menikah untuk mendapatkan vaksinasi HPV. Sementara itu, vaksinasi MMR sangat penting karena menikah tentu tidak terlepas dari kehamilan.

Selain melindungi setiap perempuan, vaksin MMR membantu mencegah terjadinya sindrom rubella kongenital pada bayi baru lahir. Iris juga mengatakan perempuan di usia reproduksi juga penting untuk selalu mendapatkan vaksinasi, terlepas dari upaya untuk hamil ataupun tidak.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement