Rabu 22 Nov 2023 16:11 WIB

Jaga Berat Badan, Yuk Rajin Konsumsi 5 Makanan Ini

Serat sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Serat merupakan kunci pola makan sehat dan memiliki banyak manfaat, termasuk membantu menjaga berat badan di kisaran ideal.  (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Serat merupakan kunci pola makan sehat dan memiliki banyak manfaat, termasuk membantu menjaga berat badan di kisaran ideal. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serat merupakan kunci pola makan sehat dan memiliki banyak manfaat, termasuk membantu menjaga berat badan di kisaran ideal. Pakar diet Michael Mosley mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak serat, karena mayoritas orang belum melakukannya.

"Serat sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat memberi makan bakteri 'baik' di usus, dan bakteri tersebut memainkan peran penting dalam banyak aspek kesehatan, termasuk kontrol gula darah, sistem kekebalan tubuh, berat badan dan bahkan fungsi otak," ungkap Mosley.

Baca Juga

Penggagas program diet Fast 800 itu menyoroti peran asupan serat dalam pengendalian berat badan. Mosley merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 30 gram serat larut dan serat tidak larut setiap hari, yang bisa ditemukan pada sejumlah makanan berikut, dikutip dari laman Nottingham Post, Rabu (22/11/2023).

 

 

- Polong-polongan

Bukan hanya kacang polong yang efektif meningkatkan asupan serat, tapi juga buncis, kacang merah, kacang edamame, dan butter bean. Menambahkan polong-polongan ini ke salad, sup, dan hidangan sehari-hari akan memastikan tubuh mendapat kecukupan serat.

 

- Oat

Sekitar 100 gram oat mengandung 10 gram serat. Mosley juga menyebut bubur oat memiliki serat larut kuat yang disebut beta-glukan, yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, mengelola gula darah, dan menjaga pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.

 

- Alpukat

Buah alpukat adalah sumber serat yang baik dan dapat dengan mudah dimakan sebagai bagian dari saralan, makan siang, atau makan malam. Sebagai alternatif sehat, alpukat sangat tepat, sebab menyediakan banyak sumber lemak sehat harian yang dibutuhkan tubuh.

 

- Buah pir

Lezat dan cocok untuk orang yang menyukai makanan manis, makan buah pir amat disarankan. Pir berukuran sedang mengandung enam gram serat, merupakan sumber serat larut dan serat tidak larut. Karenanya, Mosley menyarankan agar memasukkan buah berair ini ke menu harian.

 

- Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti pistachio dan almond, serta biji-bijian seperti chia, rami, dan biji bunga matahari disebut Mosley sebagai sumber serat dan nutrisi yang baik. Tidak hanya itu, kacang juga mempunyai bonus tambahan karena merupakan sumber protein.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement