Senin 23 Oct 2023 13:32 WIB

Masuk Musim Pancaroba, Pola Makan Ini Bantu Hindari Flu

Sejumlah tips ini membantu meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti   / Red: Friska Yolandha
Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan perubahan yang tepat pada pola makan dapat membantu seseorang menghindari penyakit flu. Salah satunya, dengan meningkatkan kesehatan usus yang akan bermanfaat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ahli gizi di YorkTest, Kerri Ferraioli, membagikan enam tip yang bisa diterapkan dalam pola makan harian. Deretan cara ini akan meningkatkan kesehatan usus dan membantu mengurangi kemungkinan terjangkit flu, dikutip dari laman Daily Record, Ahad (22/10/2023). 

Baca Juga

1. Perbanyak makanan kaya serat

Buah dan sayuran adalah sumber serat dan nutrisi terbaik untuk kesehatan usus. Untuk kesehatan usus yang baik, disarankan mengonsumsi 30 gram serat sehari. Contoh makanan tinggi serat antara lain oat, alpukat, dan raspberry.

 

2. Makan makanan fermentasi untuk probiotik

Makanan fermentasi mengandung bakteri baik atau probiotik, yang jika dimakan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan usus. Makanan probiotik yang dapat ditambahkan ke menu harian meliputi acar, yogurt, kefir, atau kombucha.

3. Makanan prebiotik untuk kesehatan usus 

Prebiotik bertindak sebagai nutrisi untuk probiotik, atau dikenal sebagai "bakteri baik". Jenis prebiotik yang umum termasuk fruktan, insulin, pektin, dan oligosakarida, yang dapat ditemukan dalam bawang putih, bawang bombay, atau pisang mentah.

Asupan vitamin....

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement