Kamis 16 Nov 2023 16:50 WIB

Rayakan Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia, Kofice Gelar Serangkaian Acara Budaya

Kofice merancang acara untuk memperingati hubungan diplomatik Korea-Indonesia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
ASEAN-Korea Innovative Culture Forum mengangkat gema PERSEVERANCE: CREATIVITY ON THE BORDER di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (15/11/2023).
Foto: Dok. IndoArtNow
ASEAN-Korea Innovative Culture Forum mengangkat gema PERSEVERANCE: CREATIVITY ON THE BORDER di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (15/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea melalui ASEAN-Korea Partnership Project for innovative Culture dan Korean Foundation for International Cultural Exchange (Kofice) menyelenggarakan ASEAN-Korea Innovatif Culture Forum. Acara yang diberi tema "Perseverance: Creativity on The Border" ini bertujuan untuk merayakan perubahan seni, budaya, dan industri kreatif di tengah perkembangan teknologi di kawasan ASEAN-Korea.

Acara tersebut digelar melalui kolaborasi dengan IndoArtNow yang menyajikan rangkaian forum pada 15-16 November 2023 di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki. President of the Kofice Jung Kilhwa mengatakan, Kofice memiliki peran penting dalam pertukaran budaya internasional yang didesain oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea.

Baca Juga

"Proyek ASEAN-Korea Partnership kami bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai solidaritas dan membangun landasan pertumbuhan bersama melalui pertukaran budaya antara Korea dan negara-negara di ASEAN," kata Kilhwa pada Rabu (15/11/2023). 

Dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Korea dan Indonesia yang ke-50, Kofice merancang sejumlah acara sejak Agustus lalu, misalnya pameran pertukaran seni keramik, penampilan K-pop, dan masih banyak lagi. Selain itu, pihaknya juga berkomitkan untuk berkolaborasi membuat proyek lain dengan Indonesia. 

 

"Langkah ini dapat memperluas pertukaran budaya antara kedua negara dan meningkatkan jaringan individu," ujarnya.

Selain itu, juga diadakan pameran seni berdurasi selama 13 hari, yaitu pada 14-25 November 2023 bertajuk 2023 ASEAN-Korea Innovative Culture Exhibition, Perseverance: Art Crossing Borders. Pameran ini bermitra dengan Korean Cultural Center dan Art:1 New Museum yang menjadi lokasi pameran, menampilkan seniman dan karya seni berasal dari kolektor dan institusi kebudayaan di ASEAN-Korea.

Acara diadakan bersamaan dengan pelaksanaan Art Jakarta pada 17-19 November 2023 yang juga bermitra dengan Korean Cultural Center. Art Jakarta menjadi mitra sekaligus lokasi pameran dan mengangkat judul yang sama 2023 ASEAN-Korea Innovative Culture Exhibition; Perseverance: Art Crossing Borders. Di Art Jakarta menampilkan seniman dan karya seni dari galeri-galeri di ASEAN-Korea.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement