Rabu 15 Nov 2023 14:55 WIB

Ibu Hamil Jangan Sampai Kena, HPV Bisa Menular ke Bayi Saat Persalinan

HPV bisa menular dari ibu ke bayi dalam proses persalinan.

Ibu dan bayinya (Ilustrasi). HPV juga bisa menular dari ibu ke bayi dalam proses persalinan.
Foto: Freepik
Ibu dan bayinya (Ilustrasi). HPV juga bisa menular dari ibu ke bayi dalam proses persalinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penularan human papillomavirus (HPV) tak hanya melalui kontak seksual. HPV juga bisa menular dari ibu ke bayi dalam proses persalinan.

"Saat ibu melahirkan secara pervaginam, bayinya masuk ke liang vagina, di mana di liang vagina atau di serviks atau vulva itu ada virus. Saat bayinya lewat situ, dia (virus) bisa terhirup," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Keven Tali di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga

Kemudian, lanjut Keven, saat virus masuk ke tubuh bayi dan sistem imunnya tidak bisa melawan virus, maka virus akan bertambah banyak dan bertahan di dalam tubuh. Kondisi ini dinamakan recurrent respiratory papillomatosis (RRP), yakni sebuah penyakit kronis yang disebabkan HPV.

Dikutip dari Cleveland Clinic, ada dua jenis HPV, yakni HPV 6 dan HPV 11 yang menyebabkan RRP. Kedua jenis ini sama seperti yang menyebabkan sebagian besar kasus kutil kelamin.

 

HPV juga bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, antara lain kanker serviks dan kanker laring. Selain persalinan pervaginam, RRP juga dialami bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement