Rabu 15 Nov 2023 13:27 WIB

Cegah Sebelum Terlambat, HPV Dapat Sebabkan Kanker Serviks dan Kanker Anus

Infeksi HPV juga dapat mengakibatkan kutil kelamin.

Artis Yuki Kato mendapatkan vaksin HPV sebagai upaya perlindungan dari kanker serviks.
Foto: KICKS/Golin
Artis Yuki Kato mendapatkan vaksin HPV sebagai upaya perlindungan dari kanker serviks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi human papillomavirus (HPV) tak hanya bisa menyebabkan kanker serviks, tetapi juga kanker anus. Itu dapat terjadi karena adanya kemiripan sel.

"Karena sel-sel yang ada di serviks itu mirip dengan sel yang ada di anus sehingga daerah itu menjadi lebih sensitif untuk terkena virus," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Keven Tali dalam diskusi kesehatan bertema "Perluas Cakupan, Perkuat Kesadaran: Bersama Capai Generasi Bebas Kanker Serviks" di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga

Keven menuturkan HPV ditularkan melalui kontak seksual. Orang berisiko terkena virus ini apabila berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan, berhubungan intim terlalu dini, dan melahirkan anak lebih dari lima orang.

Lebih lanjut, Keven menjelaskan, selain menyebabkan kanker serviks dan kanker anus, infeksi HPV juga dapat mengakibatkan kutil kelamin. Menurut Keven, meskipun sudah diobati, namun virus penyebab kutil kelamin masih dapat berdiam di dalam tubuh, sehingga saat imunitas tubuh menurun atau tubuh terkena paparan kembali, kutil kelamin bisa muncul lagi.

 

"Jadi, jangan pernah anggap sepele karena saat muncul kutilnya, itu bisa menularkan pada orang lain. Untuk yang laki-laki, selain kutil kelamin, dia bisa kena kanker penis," tutur Keven yang tergabung di Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement