Selasa 14 Nov 2023 12:36 WIB

Gigi Pengidap Diabetes Mudah Goyang, Hindari Melakukan Kesalahan Ini

Gigi goyang merupakan salah satu gejala diabetes yang cukup umum.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit gigi (ilustrasi). Gigi goyang dapat kembali kokoh ketika kadar gula darah pengidap diabetes membaik dan terkontrol.
Foto:

Setidaknya, ada lima hal yang dapat membantu pengidap diabetes mengontrol kadar gula darah mereka. Salah satu di antaranya adalah ketersediaan akses terhadap edukasi yang tepat seputar diabetes.

Hal yang kedua adalah perbaikan pola makan. Dokter Soebagijo mengungkapkan bahwa anjuran pola makan untuk tiap penderita diabetes bisa berbeda-beda, tergantung kondisi dan komplikasi yang diidap masing-masing pasien.

Namun, secara umum, penderita diabetes dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi serat, mengurangi asupan karbohidrat dan gula yang tinggi, serta membatasi asupan lemak.

Hal ketiga yang bisa membantu pengelolaan kadar gula darah adalah aktivitas fisik atau olahraga. Dokter Soebagijo menganjurkan pengidap diabetes untuk berolahraga sebanyak 150 menit per pekan.

"Tidak boleh ada tiga hari yang berlalu tanpa olahraga. (Beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan) jalan cepat, jogging, dan bersepeda," ujar dr Soebagijo.

Hal keempat yang dianjurkan dr Soebagijo adalah melakukan perubahan perilaku seperti berhenti merokok dan menghindari belanja makanan berlebih. Sedangkan hal yang kelima adalah mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement