Senin 13 Nov 2023 17:57 WIB

Duh, 70 Persen Orang Indonesia tak Sadar Mengidap Diabetes!

Terlambat mendeteksi diabetes membuat pengidap berisiko alami komplikasi.

Petugas mengecek kadar glukosa atau gula darah warga. Diabetes bisa dicegah, demikian juga komplikasinya.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas mengecek kadar glukosa atau gula darah warga. Diabetes bisa dicegah, demikian juga komplikasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia, sekitar 19 juta orang mengidap diabetes. Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dari Universitas Indonesia Prof Dr dr Pradana Soewondo menyebutkan sekitar 70 persen orang Indonesia tidak sadar bahwa dirinya sedang mengidap penyakit diabetes.

"(Pengidapnya) Cukup banyak, tapi masalahnya 70 persen orang belum tahu bahwa dirinya mengidap diabetes," katanya dalam siniar tentang diabetes yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Baca Juga

Pradana menilai hal ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih besar di masyarakat. Sebab, diabetes merupakan penyakit yang berisiko menyebabkan komplikasi dengan penyakit lainnya.

"Padahal, diabetes bisa dicegah dan komplikasinya bisa dicegah pula. Ini jadi satu kesempatan kalau kita bisa mengetahui dari awal, kita bisa mencegah kompliakasi, dan bisa menghindari konsekuensi yang bisa mengganggu kualitas hidup kita di kemudian hari," katanya.

Karena itu, Pradana menganjurkan agar masyarakat melakukan deteksi dini terhadap penyakit diabetes. Dengan begitu, masyarakat dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit lainnya sejak dini pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement