Jumat 10 Nov 2023 19:38 WIB

Film 13 Bom di Jakarta akan Tayang Perdana di JAFF 2023

Film 13 Bom di Jakarta akan menjadi penutup di JAFF 2023.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Tangkapan layar konferensi pers ogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023. Di festival ini, film 13 Bom di Jakarta akan ditayangkan untuk pertama kali di Indonesia.
Foto: Dok. JAFF 2023
Tangkapan layar konferensi pers ogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023. Di festival ini, film 13 Bom di Jakarta akan ditayangkan untuk pertama kali di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) kembali digelar pada tahun ini yang mengangkat tema "Luminescene". Festival tersebut berlangsung selama delapan hari, mulai 25 November hingga 2 Desember 2023.

Sejumlah film Indonesia yang sudah banyak dinantikan orang akan ditayangkan perdana di festival film ini, di antaranya adalah 24 Jam Bersama Gaspar, Ali Topan, Jatuh Cinta Seperti di Film-Film, Monster (Indonesia), Setan Alas, dan Pemukiman Setan

Baca Juga

JAFF18 akan dibuka dengan penayangan Auto Bio Pamphlet, film debut sutradara Ashish Avinash Bende dari India dan ditutup dengan penayangan perdana film 13 Bom di Jakarta karya terbaru sutradara Angga Dwimas Sasongko. Direktur Program JAFF Alexander Matius mengatakan pada tahun ini pihaknya ingin mempersembahkan nuansa yang sedikit berbeda, membuka acara dengan pengalaman ceria melalui film Auto Bio Pamphlet dari India. Menurut dia, ceritanya ringan dan cocok sebagai pembuka yang menghibur.

"Karena pembukanya adalah film dari luar negeri, maka sebagai film penutup, kami ingin hadirkan film Indonesia. Rasanya tepat untuk menutup JAFF tahun ini dengan film yang spektakuler di tahun ini, yaitu 13 Bom di Jakarta. Pemutarannya di JAFF18 sekaligus akan menjadi world premiere sehingga akan memberikan pengalaman yang seru sebagai penutup," kata Matius, Jumat (10/11/2023).

Pendiri Visinema sekaligus sutradara film 13 Bom di Jakarta, Angga Dwimas Sasongko, menyampaikan dukungannya terhadap JAFF. Dengan bangga, Visinema mendukung JAFF 2023 dari berbagai sisi. Empat film produksi Visinema diputar di JAFF, termasuk 13 Bom di Jakarta yang merupakan salah satu film aksi terbesar di Indonesia akan menjadi film penutup JAFF.

"Platform distribusi kami, Bioskop Online juga berkolaborasi lewat roadshow dan pemutaran film JAFF di platform Bioskop Online. Lewat berbagai kolaborasi ini, kami berharap film Indonesia akan semakin berkembang dan menemukan fans yang lebih luas lagi, tidak hanya yang hadir di Jogja tapi di seluruh Indonesia hingga internasional," ujarnya.

Pada tahun ini, JAFF18 akan menghadirkan 205 film dari 25 negara Asia Pasifik yang akan ditayangkan dalam program kompetisi dan non-kompetisi. Sembilan film panjang terpilih berkompetisi di program Main Competition untuk memperebutkan Golden dan Silver Hanoman Awards.

Beberapa di antaranya adalah Evil Does Not Exist dan Perfect Days yang awal bulan ini memenangkan Grand Jury Award dan Best Film di Asia Pacific Screen Awards 2023. Ada juga Shayda dan The Monk and The Gun, film-film perwakilan Australia and Bhutan untuk the Best International Feature Film, Academy Awards 2023.

Pada kompetisi film pendek Light of Asia, 14 film akan memperebutkan Blencong Awards. JAFF juga akan memberikan penghargaan kepada para sutradara yang menampilkan karya film panjang pertama dan keduanya lewat kompetisi NETPAC Awards.

Selain itu, sebanyak delapan film Indonesia yang tayang tahun ini akan berkompetisi dalam program JAFF Indonesian Screen Awards untuk memperebutkan penghargaan Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Naskah Terbaik, Pemeran Terbaik, dan Sinematografi Terbaik. Dalam program non-kompetisi, JAFF akan menayangkan seleksi film-film terbaik Asia Pasifik. Sebanyak 13 film panjang dari sembilan negara dan 19 film pendek dari sembilan negara akan tayang dalam program Asian Perspectives, tiga film panjang Indonesia dalam program Indonesian Film Showcase, dan 12 film pendek Indonesia dari sutradara baru dalam program Emerging.

Program lainnya adalah pemutaran keliling film-film legendaris karya Wong Kar-wai di tiga kota yakni Jakarta, Yogyakarta, dan Denpasar, pada 12, 17 dan 19 November 2023 sebagai bagian dari Road to JAFF. JAFF juga berkolaborasi dengan Asian Film Awards Academy (AFAA) mengadakan program Hong Kong Film Gala Presentation untuk mempresentasikan dan mempromosikan film-film Hong Kong.

Jadwal program JAFF18 dan cara membeli tiket secara regular dapat ditemukan di akun media sosial resmi @jaffjogja dan situs resmi, jaff-filmfest.org. Tiket dapat dibeli melalui situs resmi jaff-filmfest.org dan TIX.ID, yang dibuka mulai 19 November 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement