Jumat 10 Nov 2023 14:56 WIB

Penulis Film Hollywood Nyatakan Aksi Mogok Berakhir, Ini Reaksi Para Aktor

Aksi mogok penulis yang tergabung dalam SAG-AFTRA resmi berakhir setelah 118 hari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aksi demo yang dilakukan SAG-AFTRA (ilustrasi). Aksi mogok SAG-AFTRA resmi berakhir pada Kamis (9/11/2023).
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Aksi demo yang dilakukan SAG-AFTRA (ilustrasi). Aksi mogok SAG-AFTRA resmi berakhir pada Kamis (9/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi mogok serikat pekerja Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) resmi berakhir pada Kamis (9/11/2023) waktu setempat. SAG-AFTRA dan para petinggi rumah studio telah mencapai kesepakatan yang diterima kedua belah pihak.

Berakhirnya pemogokan disampaikan langsung oleh SAG-AFTRA melalui akun media sosial Instagram @sagaftra. Dikutip dari laman NME, Jumat (10/11/2023), pemogokan itu sudah berlangsung selama 118 hari, menjadi aksi dengan periode terpanjang dalam 90 tahun sejarah SAG-AFTRA.

Baca Juga

"Komite Perundingan TV/Teater kami dengan suara bulat menyetujui perjanjian tentatif dengan AMPTP (Aliansi Produser Film dan Televisi). Mulai pukul 00.01 PT (Waktu Pasifik) pada tanggal 9 November, pemogokan kami secara resmi dihentikan dan semua lokasi aksi ditutup," kata SAG-AFTRA.

Serikat pekerja itu menginformasikan bahwa perjanjian dengan AMPTP dilengkapi dengan kontrak tiga tahun senilai lebih dari satu miliar dolar AS. Kesepakatan itu mencakup kenaikan kompensasi minimum, juga ketentuan yang akan melindungi  anggota SAG-AFTRA dari  ancaman kecerdasan buatan (AI).

 

Terdapat pula bonus partisipasi streaming dan banyak pedoman lain. Namun, SAG-AFTRA menyebutkan rincian lengkap dari perjanjian tersebut tidak akan diberikan sampai perjanjian tentatif tersebut ditinjau oleh Dewan Nasional SAG-AFTRA, yang akan memakan waktu berhari-hari.

Dengan kabar berakhirnya pemogokan SAG-AFTRA, para aktor dan sineas di Hollywood menyambut baik dan merayakan momen mereka bisa "kembali bekerja". "Semoga kesepakatan ini adil dan kita dapat kembali bekerja," kata aktor Daniel Dae Kim yang akan membintangi serial Netflix "Avatar: The Last Airbender".

"Selamat kepada setiap orang, di kedua sisi, yang bertanggung jawab atas peristiwa besar ini," kata aktor dan produser Alec Baldwin.

"Ini membuat saya merasa luar biasa, saya tidak tahu detail kesepakatannya tapi saya yakin SAG-AFTRA mendapatkan apa yang kami inginkan, apa yang mereka inginkan. Saya sangat bahagia untuk kru kami," ujar aktor Jeremy Allen White.

Pemogokan anggota SAG-AFTRA dimulai pada 13 Juli 2023, setelah gagalnya negosiasi antara serikat pekerja itu dengan AMPTP. Isi perundingan mereka termasuk tuntutan untuk perlindungan terhadap ancaman AI, kompensasi pembayaran yang lebih adil, dan banyak lagi. 

Aksi itu juga berbarengan dengan pemogokan penulis Writers Guild of America (WGA) yang dimulai pada Mei 2023 dan berakhir di pengujung September. Untuk pertama kalinya dalam 60 tahun, kedua serikat pekerja itu melakukan pemogokan pada waktu yang bersamaan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement