Jumat 10 Nov 2023 01:53 WIB

Barista Ungkap Kunci Penting di Balik Hasil Latte Art Sempurna

Kunci penting membuat latte art dengan hasil terbaik adalah pemilihan jenis susu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Indomilk memberikan dukungan kepada para coffeepreneur dengan menggagas program
Foto: Indomilk
Indomilk memberikan dukungan kepada para coffeepreneur dengan menggagas program

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sembarang orang bisa membuat latte art atau seni latte yang sempurna. Apalagi, untuk corak atau pola latte art yang lebih kompleks. Ternyata, ada rahasia di balik secangkir minuman dengan pola latte art yang hasilnya terlihat sempurna.   

Menurut barista Restu Sadam Hasan, kunci penting membuat latte art dengan hasil terbaik adalah pemilihan jenis susu. Restu menyampaikan hal tersebut pada sesi media bersama Indomilk di Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2023 beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Untuk membuat latte art, langkah pertamanya adalah membuat espresso. Selanjutnya, Restu mengatakan bisa menggunakan susu segar yang sudah didinginkan. Memilih susu dengan kandungan lemak dan protein yang pas, disebut bisa mengangkat rasa kopi dan menghasilkan kualitas foam atau buih susu yang sempurna. 

"Lebih segar susunya, lebih mudah di-frothing dan menjadikan hasil latte art lebih bagus," kata Restu. Frothing merupakan proses pembuatan buih untuk memberikan efek susu dengan tekstur lembut. 

 

photo
Indomilk memberikan dukungan kepada para coffeepreneur dengan menggagas program Indomilk Coffeepreneur yang sudah berjalan sejak 2022 hingga sekarang. - (Indomilk)

 

Juara satu Indonesian Latte Art Championship (ILAC) 2019 dan 2021 itu menyampaikan, teknik frothing adalah tahap paling penting dalam pembuatan latte art. Selama proses ini, gelembung udara ditambahkan ke susu.

Proses frothing terbagi dua, yaitu stretching atau proses meregangkan susu hingga mengembang, dilanjutkan dengan texturing atau memberi tekstur pada susu. Setelah itu, bisa dilakukan swirling, untuk meratakan susu liquid dan foam.

Hasil frothing yang sempurna akan menghasilkan tekstur yang smooth, silky, dan shiny. Setelah itu, hasil frothing susu yang dibuat latte art akan mudah diaplikasikan dalam berbagai pola atau pattern. Namun, tetap ada faktor lain untuk melakoni seni tersebut.

"Tidak bisa instan, butuh waktu untuk belajar. Selain dipermudah dengan tekstur susu yang smooth, tetap ada variabel skill dari barista," ujar Restu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement