Senin 06 Nov 2023 15:08 WIB

Mayoritas Penderita Cacar Monyet Lelaki Penyuka Sesama, Tertular dari Kontak Seksual

Tenaga kesehatan perlu menanyakan riwayat seksual pasien yang dicurigai cacar monyet.

Petugas kesehatan menyosialisasikan penyakit cacar monyet kepada masyarakat di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11/2023).
Foto:

Beda Gejala Cacar Monyet dan Cacar Air

Ruam ini kemudian diikuti lenting dan bintil dengan nanah di atasnya kemudian muncul keropeng. Pada saat peralihan dari ruam ke lesi bernanah, penderita umumnya mengalami gejala subjektif berupa nyeri atau gatal, kemudian saat ada keropeng umumnya rasa gatal yang terasa.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Hanny menjelaskan gejala ini berbeda dengan cacar air yang biasanya ditandai demam hingga 39 derajat Celcius. Setelahnya muncul ruam yang dalam satu waktu bisa bermanifestasi banyak sekali, yaitu bisa berupa kemerahan, bintil, lenting, dan ini ada di berbagai fase.

"Perkembangan ruamnya cukup cepat untuk Varicella (cacar air) dan akan cepat berkembang menjadi keropeng dalam beberapa hari. Distribusi ruamnya lebih padat di area tubuh kemudian menyebar ke area lengan dan tungkai bawah," jelas dia.

Hanny menyebut ruam pada cacar air umumnya diikuti oleh rasa subjektif gatal. Angka kematian akibat penyakit ini sangat jarang terutama pada anak-anak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement