Senin 06 Nov 2023 00:02 WIB

Absen di Seremoni Rock and Roll Hall of Fame, Vokalis RATM Pilih Ikut Aksi Bela Palestina

Tak sekadar vokalis, Zach de la Rocha juga dikenal sebagai seorang aktivis.

Rep: Andri Saubani/ Red: Andri Saubani
Zach de la Rocha
Foto:

Rage Against the Machine disingkat RATM atau lazim juga disebut Rage, adalah band rock/metal asal Los Angeles yang dibentuk pada 1991. Selain vokalis Zach de la Rocha dan gitaris Tom Morello, RATM juga diisi oleh pembetot bas, Tim Commerford dan penggebuk drum, Brad Wilk.

RATM dikenal sebagai band yang menggabungkan genre heavy metal, rap, punk rock dan terkadang memasukkan juga unsur funk dalam lagu-lagu mereka. Yang paling membedakan dengan band rock/metal lain dan yang membuat RATM memiliki pengikut setia bahkan semacam kultus adalah aktivisme RATM yang tercermin dari lirik-lirik perlawanan politik dan sosial karangan Zach de la Rocha.

Sejak 1992 hingga 2000, RATM merilis empat album. Empat mahakarya itu yakni, Rage Against the Machine (1992); Evil Empire (1996); The Battle of Los Angeles (1999); dan Renegades (2000). RATM berdasarkan catatan Billboard, telah menjual 16 juta kopi rekaman di seluruh dunia. Dan pada akhir pekan lalu, RATM disahkan masuk Rock and Roll Hall of Fame angkatan 2023.

Seusai merilis Renegades pada 2000, Zach de la Rocha meninggalkan RATM, lalu personel lainnya sempat membentuk band Audioslave dengan vokalis mendiang, Chris Cornell (Soundgarden). Pada 2007, RATM sempat bereuni singkat untuk beberapa konser sebelum akhirnya kembali bubar pada 2011.

Pada 2020, RATM membuat pengumuman jadwal tur dunia yang sempat menggemparkan media sosial, namun kemudian tertunda akibat pandemi Covid-19. Pada Juli 2022 tur dunia dimulai dari bagian benua Amerika Utara, menjadi konser RATM pertama dalam 11 tahun terakhir.

Namun sayang, pada Agustus 2022, RATM mengumumkan pembatalan rangkaian tur UK dan Eropa (yang kemungkinan berlanjut ke benua lain termasuk Asia) menyusul cedera kaki Zach de la Rocha yang terjatuh di panggung saat konser di Chicago pada 11 Juli 2022. Pada Oktober 2022, RATM mengumumkan pembatalan semua jadwal konser pada 2023 merujuk hasil diagonosis cedera kaki Zach de la Rocha yang ternyata sangat parah.

Pada 3 November 2023, RATM dikukuhkan dalam Rock and Roll Hall of Fame. Hanya Tom Morello yang hadir dalam seremoni pengukuhan di Barclays Center, New York, itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement