Senin 06 Nov 2023 00:02 WIB

Absen di Seremoni Rock and Roll Hall of Fame, Vokalis RATM Pilih Ikut Aksi Bela Palestina

Tak sekadar vokalis, Zach de la Rocha juga dikenal sebagai seorang aktivis.

Rep: Andri Saubani/ Red: Andri Saubani
Zach de la Rocha
Foto: www.ratm.com
Zach de la Rocha

REPUBLIKA.CO.ID, Vokalis band Rage Against the Machine (RATM), Zach de la Rocha lebih memilih menghadiri aksi bela Palestina di Washington DC, Amerika Serikat pada Sabtu (4/11/2023) daripada memenuhi undangan seremoni Rock and Roll Hall of Fame. Dalam pengukuhan RATM sebagai inductee Rock and Rock Hall of Fame, hanya gitaris Tom Morello yang hadir dan memberikan pidato.

Kehadiran Zach de La Rocha dalam demonstrasi besar di Washington DC diketahui berdasarkan unggahan sutradara dokumenter musik, Sunny Singh lewat akun @hate5six di berbagai platform media sosial. Sunny adalah sutradara dokumenter yang kerap menggunakan platform-nya untuk mempromosikan band-band underground (kebanyakan dari aliran hardcore dan punk) di AS yang pada 2022 diajak oleh Tom Morello mendokumentasikan rangkaian tur reuni RATM.

Baca Juga

Sunny menyebut demonstrasi di Washington DC dihadiri sekitar 300 ribu orang mendukung kemerdekaan Palestina dan mendesak diakhirinya genosida oleh Israel. Saat yang lain berdemo sambil menayangkannya secara live lewat seluler masing-masing, Sunny berlari ke arah Zach de la Rocha kala menyadari kehadiran sang vokalis RATM itu di tengah lautan massa.

Dalam foto yang diunggah oleh Sunny, Zach mengenakan kaos lengan panjang abu-abu, menggendong tas ransel, mengenakan topi dan dengan gaya khasnya mengepalkan tangan ke udara. 

"Kami berbicara tentang bagaimana (demonstrasi) ini bisa menjadi titik tolak sejarah. Orang-orang tersadar dan terhubung melakukan perlawanan demi kebebasan, dari Ferguson hingga Gaza," kata Sunny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement