Jumat 03 Nov 2023 19:50 WIB

Tips Terlihat Awet Muda, Perhatikan Makanan Hingga Kelola Stres

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat Anda tampak awet muda.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cara menjaga kesehatan agar terlihat awet muda. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Cara menjaga kesehatan agar terlihat awet muda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan merupakan sifat alamiah tubuh. Namun tidak ada salahnya melakukan perawatan agar tubuh tetap sehat dan juga tampak sedikit muda dari usia aslinya.

Kendati promosi produk kecantikan semakin masif, namun sebenarnya ada kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan dalam keseharian, sebagai berikut, seperti dilansir Best Life, Jumat (3/10/2023):

Baca Juga

1. Makan cukup protein

Mengonsumsi makanan yang cukup protein dapat membantu produksi kolagen. Kolagen telah terbukti membantu elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan hidrasi kulit.

 

Ahli diet terdaftar Alex Evink MS RD mengatakan produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia. Pola makan yang mencakup sumber protein berkualitas tinggi memastikan bahwa tubuh memiliki asam amino. “Sumber protein berkualitas tinggi antara lain ayam, ikan, dan telur,” kata dia.

2. Makan sayuran segar

Vitamin C, unsur tembaga, dan seng juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen. Jadi pastikan pola makan Anda mengandung banyak buah dan sayur agar membantu menjaga produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih awet muda.

3. Mengatasi hiperpigmentasi

Dalam hal perawatan kulit, wanita cenderung ingin mengurangi garis dan kerutan agar terlihat lebih muda. Namun cara tercepat dan termudah untuk terlihat 10 tahun lebih muda adalah dengan mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit menggunakan Vitamin C, menurut Jillian Ehrenberg, ahli kimia kosmetik dan pemilik lini perawatan kulit nabati Acta Beauty

4. Hidrasi lewat makanan

“Selain minum banyak air, nikmatilah makanan kaya air seperti mentimun dan semangka,” kata Anna Peterson, ahli kosmetik dan pemilik Salon Route. Makanan ini menjaga kulit tetap berisi, melawan garis dehidrasi, dan membuang racun. Ingat, kulit bercahaya dimulai dari dalam.

5. Gunakan facial mist

Menghidrasi bukan hanya tentang mengonsumsi lebih banyak H20. Meskipun meminum air itu penting, memastikan kulit mempertahankan kelembapannya juga sama pentingnya, dan bisa melalui penggunaan facial mist sehari-hari.

6. Lakukan pijat wajah

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pijat wajah secara teratur. Ini bukan hanya tentang relaksasi; tapi juga meningkatkan sirkulasi, drainase limfatik, dan dapat mengangkat otot-otot wajah.

7. Gunakan serum kaya vitamin 

Meskipun Anda tidak memiliki masalah hiperpigmentasi, serum kaya vitamin dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Sebelum menggunakan pelembap, oleskan serum yang kaya Vitamin C atau E.

8. Kelola stres

“Stres kronis dapat menimbulkan efek fisik dan mental yang signifikan, termasuk mempercepat proses penuaan,” kata Jennifer Silver, dokter gigi dan pemilik Macleod Trail Dental. 

Respons stres tubuh dapat memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol. Jika kortisol meningkat dalam jangka waktu lama, maka dapat memecah kolagen dan elastin pada kulit, menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Teknik seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, atau melakukan aktivitas menyenangkan, efektif mengurangi stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement