Kamis 02 Nov 2023 12:11 WIB

Pemain Bas Gabung Lagi, Band Element Kembali Utuh Bertujuh

Pemain bas Element, Ibank, kembali dan meminta maaf kepada personel lain.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Band Element akhirnya kembali ke formasi lama dengan tujuh personel.
Foto: Republika/ Desy Susilawati
Band Element akhirnya kembali ke formasi lama dengan tujuh personel.

REPUBLIKA.CO ID, JAKARTA -- Kabar terbaru datang dari grup musik Element. Grup ini akhirnya menerima kembali bassist mereka Ibank. Para personel Element pun kembali lengkap dengan kehadiran Ibank.

Berita kembalinya Ibank sebenarnya sudah ada sejak 13 Oktober 2023 lalu. Namun, informasi resmi dari Element datang pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/11/2023). 

Baca Juga

Kahadiran Ibank melengkapi tujuh personel Element yang sempat berkurang sekitar lima tahun lalu. Kini personel band Element terdiri atas Ferdy Tahier (vokalis), Arya Dei (gitaris), Fajar Maringka (kibordis), Didi Riyadi (drummer), Lucky Widja (vokalis), Adhitya Pratama (gitaris), dan Ibank (bassist).

Pada lima tahun lalu, Ibank dinilai meninggalkan band begitu saja tanpa ada rasa tanggung jawab. Padahal saat itu, lagu ciptaannya yang terpilih sebagai single terbaru mereka yang akan segera dirilis dengan judul "Perih Karena Cinta".

 

"Jadi kalau melihat ke belakang dengan kasus gue yang dulu. Ternyata selama lima tahun lebih, itu menghantui gue, dalam arti feeling guilty terhadap mereka nih terasa terus. Gue enggak nyaman. Itu pertama," ujar Ibank.

Namun selama lima tahun, Ibank mengaku tidak pernah menyapa anggota band Element yang lain. Akhirnya hatinya terketuk untuk minta maaf. Pada akhirnya Ibank memberanikan diri untuk bertemu anggota Element lainnya. 

Dia merasa hengkangnya dirinya membuat dirinya terasa ada yang kurang. "Akhirnya gue beraniin, mau ketemu, minta maaf," ujarnya.

Selama lima tahun, Ibank merasa ada yang mengganjal secara mental dan memiliki kesalahan namun tidak berani minta maaf dan akhirnya harus. "Bagaimanapun mereka saudara-saudara gue dari tahun 1998. Enggak segampang itu," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Ibank menambahkan, "Jadi awalnya memang permintaan maaf secara langsung. Kedua gue pengen main lagi sama mereka. Ada hasrat itu. Salah satu yang kurang dalam hidup gue yaitu main sama mereka," ujar Ibank.

Melalui kanal Youtube dari Ferdy Tahier "All You Can Hear", akhirnya diputuskan saat itu bahwa band Element dengan hati terbuka lebar membuka diri mereka kepada Ibank. Hasil keputusan itu diambil adalah saran Netizen yang ada di kolom komentar beberapa video tayangan band Element. 

Mereka mengambil sikap menerima kembali Ibank dengan syarat dan surat perjanjian yang harus ditepati. Apabila ada kelalaian dari pihak Ibank, maka Element akan memutuskan hubungan profesionalisme tersebut. 

"Band itu kalau sudah di level yang kaya kita, kita berjalan sudah menjelang mau 25 tahun, band itu bukan sekadar masalah skill, jago. Band itu senyawa. Rasanya akan berbeda kalau personilnya berbeda," ujar gitaris Element, Aditya Pratama.

Menurut Aditya, saat bertemu Ibank, yang dibahas bukan soal musik, melainkan soal permintaan maaf Ibank, dan menjelaskan alasan Ibank mau kembali lagi ke Element dan apa mimpi Ibank. "Energi akan solid pada saat melakukan sesuatu hal lebih karena sebuah hati. Ibank adalah puzzle yang harus ada di Element. Salah satu orang yang memberikan sentuhan karakter di musik Element. Jadi sudah bukan masalah skill," tambah Aditya.

Aditya menjelaskan, mereka mempersembahkan dan memulai sesuatu yang baru. Awalnya orang mengetahui sejak awal Element ada tujuh orang. Kemudian 2017 akhir Ibank hengkang dan 2023 Ibank kembali lagi. 

Sesuai dengan nama band mereka Element yang berarti unsur, di mana masing-masing harus bersama, harus saling berkaitan. Jika ada hilangnya satu unsur ada yang berkurang.

"Dengan kembalinya Ibank. Mudah-mudahan jadi satu turning point baru, spirit baru buat kita untuk bisa buat satu karya lebih baik lagi. Dengan apa yang pernah kita buat sebelumnya, mudah-mudahan bisa kasih sesuatu lebih baik lagi ke depannya," harapnya. Pada kesempatan ini juga akhirnya band Element memutuskan untuk kembali memakai logo lama mereka semenjak dari album Kupersembahkan Nirwana yang dijadikan momen bersejarah dengan kembali hadirnya Ibank sang bassist ke dalam grup ini.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement