Kamis 02 Nov 2023 10:18 WIB

Ciri Orang tak Tulus Menurut Pakar, Perhatikan Mereka di Sekeliling Anda

Perlu waktu untuk menyadari bahwa orang tersebut tidak tulus atas semua sikap baiknya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tidak tulus (ilustrasi). Ada beberapa ciri-ciri orang tidak tulus menurut pakar.
Foto:

5. Bahasa tubuh yang janggal

Meski ucapan seseorang sangat baik dan manis, jika dia menunjukkan bahasa tubuh yang janggal, itu patut dicurigai. Pendiri Lotus Therapy & Counseling Center di Vancouver, Niloufar Esmaeilpour, mengatakan isyarat nonverbal kerap lebih jelas daripada kata-kata.

"Seseorang mungkin mengatakan bahwa mereka bahagia untuk Anda, tetapi bahasa tubuhnya dapat menunjukkan sebaliknya," ucap Esmaeilpour. Dia mencontohkan, seperti menghindari kontak mata, senyum yang dipaksakan, atau postur tertutup.

6. Membicarakan orang lain

Jika seseorang berbicara negatif tentang orang lain kepada Anda, kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama terhadap Anda saat Anda tidak ada. Dalam menghadapi orang seperti ini, Esmaeilpour menyarankan untuk menetapkan batasan dalam hubungan. "Batasi informasi pribadi yang Anda bagikan dengan orang ini dan pertahankan jarak," ujarnya.

7. Relasi tidak seimbang

Hubungan yang tulus didasarkan pada rasa saling percaya, saling pengertian, dan berbagi minat. Jika segala sesuatunya terasa tidak seimbang, dan terasa hanya Anda yang banyak terlibat dan berusaha, bisa jadi orang lain dalam hubungan tidak sepenuhnya tulus.

Pakar hubungan dengan latar belakang psikologi perilaku, Lachlan Brown, menyampaikan bahwa jika hal itu terakumulasi, bisa terjadi ketidakseimbangan emosional dalam interaksi. "Meskipun mereka mungkin menanyakan banyak pertanyaan pribadi tentang Anda, mereka mungkin sangat berhati-hati saat Anda menanyakan hal serupa," tutur Brown.

8. Selalu beropini sama

Perilaku mirroring yang ekstrem, yakni selalu beropini sama, selalu setuju dengan Anda dalam segala hal, bahkan menirukan tindakan dan ekspresi Anda, bukan sesuatu yang bagus. Menurut Brown, mirroring ekstrem dapat mengindikasikan upaya untuk memenangkan hati Anda dengan cepat, sering kali karena alasan manipulatif.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement