Kamis 02 Nov 2023 10:18 WIB

Ciri Orang tak Tulus Menurut Pakar, Perhatikan Mereka di Sekeliling Anda

Perlu waktu untuk menyadari bahwa orang tersebut tidak tulus atas semua sikap baiknya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tidak tulus (ilustrasi). Ada beberapa ciri-ciri orang tidak tulus menurut pakar.
Foto: Dok. www.freepik.com
Orang tidak tulus (ilustrasi). Ada beberapa ciri-ciri orang tidak tulus menurut pakar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap kali menjalin pertemanan baru atau terlibat dalam hubungan romantis, seseorang mengharapkan sikap baik yang benar-benar tulus. Sayangnya, hal itu tidak selalu terjadi. Bahkan, beberapa orang memiliki motif tersembunyi dan bersikap pura-pura baik.

Seringnya, perlu waktu untuk menyadari bahwa orang tersebut tidak tulus atas semua sikap baiknya. Para pakar membagikan red flag jika seseorang tidak benar-benar tulus dan hanya berlagak bersikap baik sebagai berikut, dikutip dari laman Best Life Online, Kamis (2/11/2023):

Baca Juga

1. Ucapan tidak sejalan dengan perbuatan

Salah satu cara mengenali seseorang yang "berpura-pura baik" adalah dengan membandingkan perkataan dan tindakannya.  Jika ucapan dan perbuatannya tidak selaras, itu bisa menjadi red flag yang sangat jelas.

 

Misalnya, orang yang bicara manis, tetapi tidak memberikan dukungan saat Anda benar-benar membutuhkannya. "Mereka mungkin menghujani Anda dengan pujian, tetapi tindakan mereka tidak sejalan dengan perkataannya," kata life coach Bayu Prihandito.

2. Menyanjung berlebihan

Prihandito yang juga pendiri Life Architekturte menyarankan berhati-hati dengan sanjungan berlebihan. Semua orang menyukai pujian, tapi jika berlebihan bisa menjadi tanda ketidaktulusan. "Jika seseorang memuji Anda tanpa alasan, itu mungkin merupakan taktik untuk memenangkan hati Anda karena ada motif mendasar lainnya," ujarnya.

3. Kebaikan bersyarat

Akan ada orang yang hadir dan bersikap baik kepada kita hanya jika hal itu bisa bermanfaat baginya. Prihandito menyebut kebaikan bersyarat itu sebagai red flag yang sangat jelas. "Kebaikan dan cinta yang tulus seharusnya tidak bersyarat dan tidak digunakan sebagai alat pertukaran," ujarnya.

4. Menyembunyikan emosi negatif

Jika seseorang terus-menerus hanya mengungkapkan emosi positif, bisa jadi dia menyembunyikan perasaan dan frustrasinya yang sebenarnya di hadapan Anda. "Menunjukkan emosi negatif adalah hal yang wajar, dan seseorang yang menyembunyikannya sepenuhnya mungkin tidak menunjukkan jati dirinya," tutur psikiater dari Universitas Columbia, Ryan Sultan.

Nomor 5...lanjutkan membaca>>

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement