Selasa 31 Oct 2023 08:35 WIB

Saixse, Sosok Musisi di Balik Lagu 'Malam Pagi' yang Wira-wiri di Medsos

Saixse membuat unggahan khusus untuk mengapresiasi Fuji.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Musisi Saixse asal Malaysia. Lagu Saixse berjudul Malam Pagi viral di media sosial.
Foto: Dok. Instagram/@saixse
Musisi Saixse asal Malaysia. Lagu Saixse berjudul Malam Pagi viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pengguna Tiktok mungkin sudah tidak asing dengan lagu "Malam Pagi", yang belakangan ini berseliweran di laman FYP media sosial (medsos). Lagu dengan lirik yang menyiratkan kegalauan dan keinginan untuk move on ini ternyata dipopulerkan oleh seorang penyanyi asal Malaysia dengan nama panggung Saixse.

Lagu "Malam Pagi" menjadi viral di antara warganet Indonesia setelah konten kreator, Fujianti Utami Putri (adik ipar almarhumah Vanessa Angel-Redaksi), membuat sebuah unggahan di media sosial. Dalam unggahan tersebut, wanita yang akrab disapa sebagai Fuji ini tampak duduk santai di dalam mobil sambil menyanyikan lagu "Malam Pagi".

Baca Juga

Tak hanya itu, sempat pula muncul anggapan bahwa video Tiktok yang menggunakan lagu "Malam Pagi" akan berpeluang besar masuk ke dalam FYP. Oleh karena itu, ada semakin banyak warganet yang berlomba membuat video Tiktok dengan menggunakan lagu tersebut sebagai latar musiknya.

Meski baru populer di Indonesia belum lama ini, lagu "Malam Pagi" sebenarnya sudah dirilis sejak 2022 oleh penyanyi Saixse. Selain banyak digunakan di Tiktok, lagu ini juga banyak diputar di berbagai platform streaming musik.

 

Di Spotify misalnya, lagu "Malam Pagi" sudah diputar sebanyak hampir 13 juta kali. Sedangkan di Youtube, video lirik resmi "Malampagi" sudah ditonton sebanyak 3,9 juta kali dan video remix-nya sudah ditonton sebanyak 7,5 juta kali.

Saixse merupakan penyanyi muda yang kini sedang naik daun di Malaysia. Pria bernama asli Saiful ini sudah membangun kariernya di dunia musik sejak berusia 16 tahun.

Kala itu, Saixse mengawali kariernya dengan mengunggah lagu-lagu ciptaannya sendiri di platform Soundcloud. Per 2020, lagu yang Saixse unggah di platform tersebut telah diputar sebanyak lebih dari 500 ribu kali. Seperti dilansir Music Addicts Malaysia, beberapa lagu karangan Saixse yang mendapatkan banyak perhatian adalah "Vibe" dan "Vibe II" yang dibawakan bersama penyanyi Eemrun.

Pria kelahiran 4 Juli 2002 ini sempat merilis beberapa single sebelum akhirnya meluncurkan album perdananya, XSE, pada 2021. Album ini mengeksplorasi beragam emosi dan curahan rasa yang dinamis dan mencakup beragam isu, mulai dari kegagalan cinta, depresi, hingga retrospeksi kehidupan.

Saixse juga sempat merilis beberapa single di sepanjang 2022, sebelum akhirnya merilis lagu "Malam Pagi". Seperti dilansir Iluminasi, lagu ciptaan Saixse ini berhasil memuncaki tangga lagu di Malaysia pada Juni 2023. Di bulan yang sama, "Malam Pagi" juga memuncaki tangga lagu harian Spotify Malaysia.

Menyusul kesuksesan lagu tersebut, Saixse lalu merilis versi remix dari lagu "Malam Pagi" dengan menggandeng penyanyi MK dari K-Clique. Video musik "Malam Pagi" versi remix bersama MK ini telah ditonton sebanyak 7,5 juta kali dalam waktu tiga bulan sejak dirilis pada 4 Juli 2023.

Kini, popularitas "Malampagi" telah meluas ke Indonesia melalui platform Tiktok. Saixse sempat membuat unggahan Tiktok untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pendengar musik di Indonesia yang telah mengapresiasi lagunya.

Selain itu, Saixse juga tampaknya menyadari bahwa Fuji merupakan sosok di balik viralnya lagu "Malam Pagi" di Indonesia. Oleh karena itu, Saixse juga membuat unggahan khusus di Instagram untuk mengapresiasi Fuji.

"Terfuji fuji," tulis Saixse dalam unggahannya di Instagram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement