Kamis 26 Oct 2023 13:20 WIB

Cuka Sari Apel Sudah Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Daftarnya

Cuka sari apel membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan membantu pencernaan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Cuka sari apel atau apple cider vinegar ternyata sudah lama menjadi tren kesehatan.
Foto:

"Cuka sari apel juga membantu dalam menyeimbangkan pH kulit kepala untuk menangkal ketombe dan penumpukan kulit kepala lainnya karena sebagian besar kondisi kulit kepala dipenuhi pertumbuhan jamur karena ketidakseimbangan pH," kata Halim.

Meskipun banyak manfaat untuk kulit, Halim menekankan agar jangan terburu-buru memasukkannya ke dalam rutinitas kulit tanpa panduan. Sebab, beberapa orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami iritasi.

Anjuran dan larangan menggunakan cuka sari apel

Jika Anda berpikir untuk mencoba cuka sari apel dalam diet Anda, para ahli memiliki beberapa tip penting yang perlu diingat. Pertama, tidak disarankan untuk meminum langsung.

"Selalu encerkan. Ini bersifat asam dan dapat menyebabkan masalah pada email gigi atau lapisan kerongkongan Anda," ujar Ligos.

Selain itu, meminumnya langsung juga bisa mengiritasi lapisan perut Anda.

Bagaimana dengan versi permen?

Ligos memperingatkan terhadap suplemen bergetah yang populer dan mahal karena kurangnya peraturan seputar suplemen dan potensi kemanjurannya yang lebih rendah.

“Permen karet juga terkenal memiliki tingkat penyerapan yang lebih rendah. Jadi bagi kebanyakan orang, saya hanya merekomendasikan penggunaan cuka yang sebenarnya,” ucap dia.

Permen karet mungkin juga mengandung tambahan gula dan ada ketidakpastian mengenai apakah permen tersebut memberikan dosis yang akurat.

 

“Meskipun akan lebih mudah untuk memiliki versi bergetah dan tidak perlu mencampur atau mengencerkan, sulit untuk mengatakan berapa jumlah sebenarnya yang ada di dalam permen karet,” kata Halim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement