Jumat 03 Mar 2023 17:20 WIB

Manfaat 'Ajaib' Minum Buttermilk Setelah Makan

Buttermilk bisa diminum langsung atau ditambahkan rempah-rempah terlebih dulu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Buttermilk (ilustrasi). Minum buttermilk setelah makan bisa mendatangkan manfaat untuk tubuh. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Buttermilk (ilustrasi). Minum buttermilk setelah makan bisa mendatangkan manfaat untuk tubuh. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Segelas buttermilk adalah suguhan terbaik untuk perut. Mengonsumsinya setelah makan siang atau makan malam, tidak hanya meningkatkan kesehatan pencernaan tetapi juga mencegah peningkatan asam lambung.

Minuman "ajaib" ini diperoleh sebagai produk sampingan dalam proses pembuatan mentega dari krim. Buttermilk dikemas dengan kualitas probiotik dan dapat menjaga kesehatan usus dalam kondisi prima saat suhu naik.

Baca Juga

Seseorang dapat meminum buttermilk secara langsung atau menambahkan beberapa rempah seperti merica, bubuk ketumbar, maupun jahe kering untuk lebih meningkatkan manfaat kesehatannya. Sebagai gudang kalsium, potasium, dan vitamin B12, buttermilk memiliki asam laktat yang bersifat antimikroba, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini juga dapat berguna dalam perjalanan penurunan berat badan karena merupakan camilan rendah kalori dengan banyak nutrisi.

Buttermilk baik dikonsumsi pada musim panas karena merupakan sumber elektrolit yang baik seperti potasium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Buttermilk adalah sumber protein yang sangat baik, yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot, kulit, dan tulang yang sehat.

 

Minuman ini juga lebih rendah kalori dibandingkan susu, serta tinggi kalsium, vitamin B12, dan potasium. “Buttermilk dapat dikonsumsi kapan saja,” kata pakar penurunan berat badan yang juga Pendiri Bites Nutritious, Palki Chopra.

Berikut adalah lima manfaat luar biasa dari mengonsumsi buttermilk setelah makan menurut Chopra, dilansir laman Hindustan Times, Jumat (3/3/2023):

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buttermilk adalah anugerah bagi sistem pencernaan Anda. Bakteri sehat dan asam laktat dalam buttermilk membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Mengobati IBS

Buttermilk membantu pencernaan dan membantu membersihkan perut karena asam di dalamnya. Konsumsi teratur dapat mengurangi timbulnya beberapa penyakit perut seperti sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).

3. Mencegah asam lambung

Mengonsumsi buttermilk dapat membantu memerangi asam lambung. Dengan menambahkan bumbu seperti jahe atau lada kering, dapat lebih meningkatkan khasiatnya dan mencegah keasaman berlebih.

4. Membantu atasi refluks asam

Ini memberikan efek pendinginan pada tubuh terutama pada sistem pencernaan dan mengurangi iritasi pada lapisan perut yang disebabkan oleh refluks asam.

5. Memperkuat imun

Landasan untuk imun tubuh yang kuat adalah usus yang sehat, dan buttermilk mendorong pertumbuhan flora usus yang sehat, yang membantu meningkatkan segalanya mulai dari pencernaan hingga kekebalan tubuh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement