Jumat 03 Mar 2023 13:44 WIB

Susah Berhenti Ketika Ngemil Keripik, Ternyata Ini Penyebabnya

Bahkan meski tidak lapar, keripik membuat Anda merasa selalu menginginkannya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Keripik kentang (ilustrasi). Ketika ngemil keripik, seseorang cendrung sulit untuk berhenti.
Foto: www.freepik.com.
Keripik kentang (ilustrasi). Ketika ngemil keripik, seseorang cendrung sulit untuk berhenti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaya hidup sehat tidak hanya dipengaruhi oleh olahraga tetapi pola makan. Banyak ahli gizi menekankan pentingnya menghindari makanan yang memiliki sifat hedonis yaitu memicu Anda untuk makan lebih banyak.

Beberapa contoh klasik makanan hedonis adalah es krim, kentang goreng, dan keripik kentang. Bahkan meski Anda tidak lapar, itu membuat Anda merasa selalu memiliki ruang untuk makanan. Ahli gizi Pooja Makhija memberikan tip untuk mengatasi hedonic hunger atau kelaparan hedonis.

Baca Juga

Menurut Makhija, kondisi tersebut pada dasarnya mengacu pada konsumsi makanan hanya untuk kesenangan, bukan untuk mempertahankan homeostasis energi. Dia memberikan contoh satu kemasan keripik.

“Pernah membuka sekantong keripik dan tidak bisa berhenti makan? Anda bisa mengaitkannya. Ini terjadi karena perusahaan merancang makanan ringan dengan cara tertentu dan dikenal sebagai kelaparan hedonis. Ini biasanya diperlukan ketika kadar gula darah Anda turun. Oleh karena itu ada kekurangan energi,” kata Makhija, dilansir NDTV, Jumat (3/3/2023).

Menurut dia, kelaparan hedonis jauh lebih distimulasi oleh rasa dibandingkan kebutuhan energi. “Perusahaan memiliki ahli seperti Cravibility Expert yang bekerja untuk merancang sesuatu yang akan didambakan oleh tubuh manusia,” ujar dia.

Keripik adalah camilan dari kombinasi garam, gula, dan lemak. Campuran ini merangsang pusat dopamin yang membuat Anda tidak ingin berhenti memakannya. "Ini seperti kecanduan narkoba," kata dia.

Untuk mengatasinya, Makhija menyarankan agar memilih camilan sebelum memakannya. “Anda bisa membeli yang udaranya lebih banyak sehingga isi keripiknya lebih sedikit atau Anda membeli keripik tetapi untuk dimakan bersama teman,” kata dia.

 

 https://www.ndtv.com/health/do-you-snack-mindlessly-this-is-called-hedonic-hunger-expert-shares-tips-to-deal-with-it-3827159

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement