Kamis 02 Mar 2023 16:30 WIB

Kekeliruan Ketika Ngopi yang Dapat Pengaruhi Kesehatan Peminumnya

Anda perlu minum kopi dengan cara yang benar dan menghindari kesalahan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kopi (ilustrasi). Minum kopi tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kopi tidak merugikan kesehatan Anda.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Minum kopi tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kopi tidak merugikan kesehatan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Secangkir kopi pada pagi dan sore adalah pengisi energi. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa kebiasaan minum kopi mungkin merugikan hidup?

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, peminum kopi biasa memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah. Namun, Anda perlu minum kopi dengan cara yang benar dan menghindari kesalahan.

Baca Juga

Kopi lebih dari sekadar minuman yang enak atau ritual biasa bagi masyarakat. Kopi membantu orang tetap waspada secara fisik dan mental sehingga mereka dapat terus produktif di tempat kerja.

Ahli gizi dan pendiri Fisico Diet Clinic, Vidhi Chawla, membagikan beberapa kesalahan minum kopi. Chawla mengatakan, kafein adalah penguat energi rumahan yang membantu melewati hari-hari sulit dalam hidup.

Kopi adalah sumber kafein yang umum. Konsumsi kopi setiap hari memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Anda sebenarnya bisa menurunkan berat badan dengan kopi. Bahkan, risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung bisa berkurang.

Dilansir Health Shots pada Kamis (2/3/2023), berikut beberapa kesalahan minum kopi:

1. Overdosis kafein

Kafein bertanggung jawab atas manfaat kopi yang merangsang. Meskipun kopi dapat memberikan dorongan energi sementara dan membantu meningkatkan perhatian, tapi meminumnya terlalu banyak dapat merusak kesehatan.

Konsumsi kafein yang berlebihan meningkatkan risiko sulit tidur, hipertensi, dan masalah jantung. Jadi, batasi konsumsi kafein harian, atau tidak lebih dari tiga cangkir.

2. Kurang minum air putih

Tubuh  dapat menghasilkan lebih banyak urine akibat kopi, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Meskipun tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari itu penting, tapi minum air yang cukup sangat penting jika Anda minum kopi. Dehidrasi telah dikaitkan dengan berbagai efek kesehatan yang merugikan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan gangguan fungsi kognitif. Jadi, pastikan tetap terhidrasi.

3. Menggunakan jenis biji yang salah

Kualitas dan rasa kopi tidak hanya ditentukan oleh proses penyiapannya, tetapi juga oleh jenis biji kopi yang Anda gunakan. Jadi, jika Anda menggunakan biji kopi tua, Anda membahayakan kesehatan.

4. Menambahkan krim kocok

Kopi bukan cokelat panas, yang lebih enak dengan menambahkan krim kocok. Banyak orang lebih suka menambahkan krim ke kopi untuk meningkatkan rasa, tetapi hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan dan efek kesehatan yang merugikan lainnya.

5. Menambahkan gula berlebih

Anda harus berhenti menambahkan gula tambahan ke kopi. Hentikan menambahkan lebih banyak gula ke dalam kopi.

Kopi seharusnya memiliki rasa asam yang samar. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan penumpukan lemak yang lebih besar, yang kemudian dapat berkembang menjadi penyakit hati berlemak, penyebab diabetes, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Faktanya, mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan peradangan kronis dan tekanan darah, yang keduanya merupakan jalur patologis utama penyakit jantung.

6. Meminumnya saat masih sangat panas

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di PubMed, mengonsumsi minuman panas seperti air panas, teh, dan kopi meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kerongkongan. Minuman yang terlalu panas dapat merusak kerongkongan dan meningkatkan risiko terkena kanker tiga kali lipat. Biarkan kopi hangat sebelum meminumnya untuk menurunkan risiko tersebut.

7. Kopi sebelum tidur

Kopi berguna saat Anda harus begadang semalaman. Namun itu bukan ide yang baik untuk minum kopi tepat sebelum tidur. Pasalnya bisa membuat Anda tidak mengantuk bahkan mengakibatkan migrain, kesedihan, kecemasan, dan perubahan suasana hati. Jadi, berhentilah membuat kesalahan kopi ini dan jalani hidup yang lebih sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement